Produsen Ban Dunlop Bangun Pabrik Ban Pesawat Rp 1 T di Indonesia

Penulis: Ekarina

6/11/2019, 22.13 WIB

Rencana investasi Dunlop diklaim menjadi sinyal bahwa Indonesia masih dilirik oleh investor.

Ilustrasi pesawat terbang. Produsen ban asal Inggris, Dunlop Aircraft Tyre UK dikabarkan bakal membangun pabrik ban pesawat di Indonesia senilai Rp 1 triliun
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Ilustrasi pesawat terbang. Produsen ban asal Inggris, Dunlop Aircraft Tyre UK dikabarkan bakal membangun pabrik ban pesawat di Indonesia senilai Rp 1 triliun

Produsen ban asal Inggris, Dunlop Aircraft Tyre UK dikabarkan bakal membangun pabrik ban pesawat di Indonesia senilai Rp 1 triliun. Dalam merealisasikan investasinya itu, Dunlop bakal menggandeng produsen ban karet vulkanisir dalam negeri PT Rubberman Indonesia. 

“Dunlop mau investasi di Indonesia untuk membangun fasilitas ban vulkanisir khusus untuk pesawat pada tahap awal. Komponen pesawat itu sangat delicate dan Dunlop memiliki kapabilitas untuk ini,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (6/11).

(Baca: Luhut Akan Ambil Alih Kebijakan Tarif Tiket Pesawat dari Kemenhub)

Agus menuturkan, pembangunan fasilitas pabrik akan dilakukan dalam dua tahap. Untuk fasilitas ban vulkanisir, diperkirakan memakan waktu selama 18 bulan sebelum beroperasi. Setelah itu, Dunlop akan melanjutkan pembangunan untuk fasilitas produksi ban pesawat baru.

“Semuanya khusus untuk komponen pesawat,” ujar dia.

Politisi partai Golkar ini menyatakan, rencana investasi Dunlop menjadi sinyal bahwa Indonesia masih dilirik oleh investor di tengah kelesuan iklim industri manufaktur dan perekonomian global.

(Baca: Pertumbuhan Investasi Kuartal III Anjlok, Penyebabnya Kondisi Politik?)

Indonesia dinilai memiliki kelebihan dibanding pasar negara kawasan lainnya, khususnya dari sisi potensi pasar yang besar. “Ini membuktikan bahwa Indonesia masih menjadi salah satu negara tujuan investasi perusahaan multinasional,”ujar dia.

Masuknya Dunlop dinilai sejalan dengan pertumbuhan industri pesawat terbang sebesar  6% per tahun.

Ke depan, Dunlop diprediksi mampu menarik pasar Singapura, Malaysia dan sekitarnya untuk mau memproduksi ban pesawatnya di Indonesia.

 

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan