Rupiah Melemah ke 14.022 per Dolar AS Tertekan Data Non Manufaktur AS

Agatha Olivia Victoria
6 November 2019, 17:13
rupiah
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi.Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore hari ini, Rabu (6/11) melemah 0,38% ke level Rp 14.022 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore hari ini, Rabu (6/11) melemah 0,38% ke level Rp 14.022 per dolar Amerika Serikat. Rupiah melemah seiring indeks dolar AS yang menguat seiring data kinerja non manufaktur AS yang membaik.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR), rupiah berada pada posisi penguatan. Rupiah berada pada level Rp 13.992 per dolar AS atau naik 39 poin dibanding posisi kemarin di level Rp 14.031 per dolar AS.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menilai, rupiah melemah akibat data eksternal yang mendukung indeks dolar AS. "Sentimen eksternal datang dari sebuah survei pada sektor layanan AS yang menunjukkan bahwa sentimen bisnis telah meningkat pada Oktober, dari level terendah tiga tahun pada September," kata Ibrahim di Jakarta, Rabu (6/11).

Berdasarkan survei tersebut, indeks sektor non manufaktur yang dirilis Institute for Supply Management pada Selasa (5/11) naik menjadi 54,7 dari 52,6 pada September, mengalahkan ekspektasi pasar. Data datang setelah laporan ketenagakerjaan AS yang kuat pada hari Jumat (1/11).

Selain itu, menurut Ibrahim, perkembangan hubungan AS-Tiongkok masih memberikan sentimen terhadap pasar. Adapun kedua negara saat ini hampir menuju kesepakatan damai dagang fase satu. Pasar pun menantikan kepastian kapan perjanjian damai dagang ini akan diteken.

(Baca: Sri Mulyani : Rupiah Stabil dan Berpotensi Menguat Hingga Akhir Tahun)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...