Serukan Anti-Proteksionisme, Xi Jinping: Pasar Tiongkok Terbuka Lebar

Martha Ruth Thertina
6 November 2019, 08:00
Perang Dagang, Xi Jinping, Presiden China Xi Jin Ping
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Presiden China Xi Jinping melambaikan tangan menyusul pidatonya dalam upacara pembukaan Chine International Import Expo (CIIE) ke-2 di Shanghai, China, Selasa (5/11/2019).

Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan kepada dunia untuk melawan segala bentuk proteksionisme dan unilateralisme. Seruan tersebut disampaikan di tengah perang dagang yang belum berujung antara Negeri Tembok Raksasa tersebut dengan Amerika Serikat (AS).

"Kita perlu bergandengan tangan. Kita perlu merobohkan dinding, bukan membangun dinding. Kita berdiri tegak menentang proteksionisme dan unilateralisme," kata Presiden Xi saat membuka Pameran Impor Internasional Tiongkok (CIIE) di Shanghai, Selasa (5/11), seperti dikutip Antara.

Advertisement

(Baca: Jokowi Ajak Negara Asean Plus Three Bersiap Hadapi Ancaman Resesi)

Antara memberitakan, salinan pidato Xi tersebut beredar secara luas di media-media resmi Tiongkok. Adapun sederet pejabat negara hadir dalam acara tersebut, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut  B.Panjaitan. Para pengusaha dari Indonesia juga turut hadir.

Xi mengajak dunia untuk bersama-sama menghapus berbagai hambatan perdagangan global. "Semua persoalan harus diatasi dengan semangat kebersamaan dan saling pengertian,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) itu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement