Indomie Tetap Dinanti Meski Kena Bea Impor Tinggi di Afrika

Penulis: Rizky Alika

Editor: Yuliawati

11/11/2019, 19.15 WIB

Selain menghadapi tarif bea impor, ekspor Indomie juga melalui hambatan non tarif.

indomie, bea impor tinggi
Indomie
Indomie tetap dinanti meski dikenakan bea impor tinggi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan produk mie instan Indomie dikenakan bea masuk tinggi untuk masuk ke salah satu negara di Afrika. Pemerintah rencana engurangi hambatan tarif dan non tarif untuk mendorong ekspor Indomie yang dianugerahkan ramen terenak di dunia.

"Salah satu negara di Afrika mengenakan bea masuk impor sekitar 25%, namun masih tetap diimpor meski margin terbatas," kata Dirjen Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim di kantornya, Jakarta, Senin (11/11).

(Baca: Kalahkan Malaysia dan Korea, Indomie BBQ Jadi Ramen Terenak di Dunia)

Selain menghadapi tarif bea impor, ekspor makanan minuman juga melalui hambatan non tarif, salah satu contohnya  persyaratan yang harus dipenuhi untuk produk olahan ikan.

"Upaya kami meningkatkan ekspor dengan mengurangi hambatan tarif dan nontarif," kata Abdul. 

Indomie mulai diperkenalkan ke Afrika Barat pada tahun 80-an dan menjadi populer. Sejak 1995, Indomie membuka pabrik di sana.

(Baca: Cerita Enaknya Indomie, Jadi Sarana Kampanye hingga Alat Barter )

Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi Lukman pun mengatakan, Indonesia perlu bangga lantaran Indomie diakui oleh dunia. Oleh karena itu dia mendukung mengatasi berbagai hambatan ekspor. "Ini sesuai arahan Presiden, kita bawa dan promosikan produk Indonesia ke pasar global," kata dia.

Salah satu pengakuan dunia yakni Indomie Barbecue Chicken mendapatkan peringkat wahid dalam L.A. Times Instant Ramen Power Rankings. Dengan berada di posisi teratas, varian Indomie ini menjadi ramen instan terenak di dunia. Peringkat ini dibuat atas penilaian kolumnis panganan L.A Times Lucas Kwan Peterson.

Indomie masuk dalam dua peringkat dalam L.A. Times Instant Ramen Power Rankings. Indomie Barbecue Chicken di peringkat pertama, dan Indomie Mi Goreng di peringkat 10.


Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan