Cerita Enaknya Indomie, Jadi Sarana Kampanye hingga Alat Barter

Sorta Tobing
11 November 2019, 15:57
indomie ramen terenak di dunia, raja mi instan dunia, indomie mie terlezat di dunia
Twitter Indomie @indomielovers
Ilustrasi. Media LA Times pada Selasa (5/11) menyebut Indomie Barbecue Chicken sebagai ramen terenak di dunia.

Dua varian mi instan merek asal Indonesia masuk dalam 10 besar ramen terenak di dunia versi LA Times, media daring asal Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada Selasa (5/11). Indomie Goreng (Original) berada di peringkat 10, sementara Indomie Barbecue Chicken di posisi teratas.

Kolumnis surat kabar itu, Lucas Kwan Peterson, mengakui menempatkan Indomie sebagai juara dalam peringkat ini sebenarnya curang. Indomie lebih tepat disebut mi goreng ketimbang ramen.

Sementara, pesaingnya adalah mi berkuah alias ramen instan yang pamornya pun tak kalah mendunia, seperti Samyang dan Nissin Cup Noodles. Tapi, ia tak peduli karena rasanya sangat enak.

Deskripsinya soal Indomie Barbecue Chicken sebagai berikut:

Ada tiga cairan (minyak bawang, kecap manis, sedikit cabai), dan dua bungkus bahan kering (bubuk ayam kaya MSG dan beberapa bawang merah goreng). Mereka semua berbaur menjadi, bagaimana Anda mengatakannya, benar-benar dan sangat benar seperti (rasa) surgawi.

Rasa ayam berasap menyeimbangkan apa yang bisa dianggap sebagai salah satu kemungkinan kelemahan dari mi Indomie, yaitu agak terlalu manis. Saus cabainya memberikan sedikit rasa panas, dan tekstur bawang renyanya benar-benar menempatkannya ke atas. (saya) bisa dan mau memakannya setiap hari.  

Keberhasilan Indomie tersebut tentu tak terpisahkan dari ketenarannya di berbagai belahan dunia. Produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) ini sudah memiliki pabrik di beberapa negara, seperti Mesir, Serbia, dan Nigeria.

Pabrik terbesar keduanya setelah Indonesia berada di Maroko. Bahkan di negara tetangga, Malaysia, terdapat café khusus menjual Indomie.

(Baca: Kalahkan Malaysia dan Korea, Indomie BBQ Jadi Ramen Terenak di Dunia)

Di bawah ini beberapa kisah unik Indomie di berbagai negara, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Nigeria

Masyarakat Nigeria sangat tergila-gila dengan Indomie, bahkan menjadikannya sebagai makanan pokok. Indofood sampai memiliki empat buah pabrik di sana. Sebanyak 70% pangsa pasar mi instan di negara yang berada di benua Afrika itu dikuasai oleh Indomie.

Sangat kuatnya pengaruh Indomie sampai menjadi sarana kampanye pemilihan presiden. Mengutip dari Nigeria Independent pada Februari 2018, warga Nigeria dikejutkan dengan adanya kemasan kardus Indomie dengan tulisan “Baba gana Kingibe untuk Presiden 2019”.

Indomie itu dibuat dengan kemasan khusus. Wajah sang politikus terpampang besar pada kardusnya. Harganya pun lebih murah, yaitu 1.500 naira atau Rp 58.200 per kardus. Sementara, harga ritelnya sekitar 3.150 naira atau Rp 122.240 per kardus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...