Pasar Waswas Nasib Perang Dagang, Rupiah Loyo ke 14.067 per Dolar AS

Penulis: Agustiyanti

11/11/2019, 16.36 WIB

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,38% ke posisi Rp 14.067 per dolar AS.

dolar AS, rupiah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,38% ke posisi Rp 14.067 per dolar Amerika Serikat (AS).

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,38% ke posisi Rp 14.067 per dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan rupiah antara lain disebebkan oleh optimisme perang dagang AS dan Tiongkok yang memudar akibat pernyataan Trump.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR) juga menempatkan rupiah di posisi Rp 14.040 per dolar AS, melemah dibanding posisi akhir pekan lalu Rp 14.020 per dolar AS.

"Pasar fokus pada data eksternal yang kurang menguntungkan sehingga wajar jika rupiah melemah cukup tajam," ujar Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim, Senin (11/11)

Ia menjelaskan, pernyataan Presiden AS Donald Trump yang membantah sepakat menurunkan tarif dalam kesepakatan tahap satu pada akhir pekan lalu menimbulkan keraguan bagi investor terkait penyelesaian perang dagang.

(Baca: Trump Tegaskan Belum Ada Kesepakatan Tarif Dagang dengan Tiongkok)

Selain terkait perang dagang, menurut dia, pasar juga tengah menunggu data ekonomi terbaru Inggris dan pernyataan Bank Sentral AS, The Federal Reserve.

"Powell (Gubernur The Fed) akan memberikan pernyataan terkait ekonomi AS di hadapan anggota parlemen pada Rabu dan Kamis. The Fed diharapkan kembali melonggarkan kebijakannya," jelas dia.

Sementara di sisi internal, menurut dia, data neraca pembayaran dan defisit transaksi berjalan yang positif tak mampu menahan pelemahan rupiah. Demikian pula dengan intervensi yang dilakukan BI di pasar valuta asing dan obligasi.

(Baca: Emas Anjlok Pekan Lalu, Harga Logam Mulia Antam Hari Ini Naik Rp 1.000)

Mengutip Bloomberg, mayoritas mata uang Asia juga bergerak melemah terhadap dolar AS. Yuan Tiongkok melemah 0,21%, ringgit turun 0,2%, dolar Singapura lesu 0,18%, dolar Hong Kong lesu 0,02%, sedangkan peso Filipina dan won Korea anjlok 0,68% dan 0,76%.

Sementara itu, yen Jepang menguat 0,26% dan baht Thailand naik 0,1%.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan