Pasar Waswas Nasib Perang Dagang, Rupiah Loyo ke 14.067 per Dolar AS

Agustiyanti
11 November 2019, 16:36
dolar AS, rupiah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,38% ke posisi Rp 14.067 per dolar Amerika Serikat (AS).

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,38% ke posisi Rp 14.067 per dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan rupiah antara lain disebebkan oleh optimisme perang dagang AS dan Tiongkok yang memudar akibat pernyataan Trump.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR) juga menempatkan rupiah di posisi Rp 14.040 per dolar AS, melemah dibanding posisi akhir pekan lalu Rp 14.020 per dolar AS.

Advertisement

"Pasar fokus pada data eksternal yang kurang menguntungkan sehingga wajar jika rupiah melemah cukup tajam," ujar Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim, Senin (11/11)

Ia menjelaskan, pernyataan Presiden AS Donald Trump yang membantah sepakat menurunkan tarif dalam kesepakatan tahap satu pada akhir pekan lalu menimbulkan keraguan bagi investor terkait penyelesaian perang dagang.

(Baca: Trump Tegaskan Belum Ada Kesepakatan Tarif Dagang dengan Tiongkok)

Selain terkait perang dagang, menurut dia, pasar juga tengah menunggu data ekonomi terbaru Inggris dan pernyataan Bank Sentral AS, The Federal Reserve.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement