Rupiah Menguat Tipis ke 14.054 per Dolar AS Berkat Intervensi BI

Agatha Olivia Victoria
12 November 2019, 17:12
Seorang petugas bank menghitung mata uang dolar Amerika Serikat (AS).
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini menguat 0,09%.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore hari ini, Selasa (12/11) menguat 0,09% ke posisi Rp 14.054 per dolar AS.  Penguatan rupiah terutama ditopang intervensi Bank Indonesia (BI) di pasar valuta asing (valas) dan obligasi. 

Adapun Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di level Rp 14.059 per dolar AS, melemah dibanding kemarin Rp 14.040 per dolar AS. 

"Rupiah menguat berkat intervensi BI di pasar valas dan obligasi walaupun data eksternal negatif," ujar Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim di Jakarta, Selasa (12/11).

(Baca: Jokowi Yakin Penyakit Defisit Transaksi Berjalan Tuntas dalam 4 Tahun)

Ia menjelaskan, data-data perekonomian di dalam negeri juga cukup baik untuk menopang rupiah. Defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) pada kuartal III 2019 tercatat turun dari 3,2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal sebelumnya menjadi 2,7% terhadap PDB.

Pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2019 juga mencapai 5,02% di atas perkiraan pasar. "Kondisi ini membuat optimisme kembali menguat di kalangan pebisnis," jelas dia. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...