Warren Buffet, Menumpuk Kekayaan Berkat Jurus Investasi dari Omaha

Penulis: Pingit Aria

18/11/2019, 19.46 WIB

Warren Buffet pernah berdonasi dalam jumlah besar melalui yayasan milik sesama konglomerat, Bill and Melinda Gates Foundation.

Warren Buffet, orang terkaya di dunia, Bloomberg Billionaires Index 2019
123RF.com/Dima Photo
Warren Buffett, orang terkaya nomor empat di dunia versi Bloomberg Billionaires Index 2019.

Bloomberg Billionaires Index baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia yang terbaru. Hasilnya, Bill Gates mengalahkan Jeff Bezos dalam perebutan status orang terkaya di dunia. Sedangkan di posisi ketiga ada Bernard Arnault, kemudian di posisi keempat ada nama investor kawakan Warren Buffet dengan kekayaan US$ 86,6 miliar.

Warren Edward Buffett adalah seorang pengusaha Amerika Serikat (AS) yang diakui sebagai salah satu investor tersukses dunia. Ia berhasil mengumpulkan kekayaan yang berlimpah berkat kepandaiannya dalam berinvestasi melalui Berkshire Hathaway. Karena keahliannnya tersebut, ia mendapat berbagai julukan seperti "Wizard of Omaha", "Oracle of Omaha", atau "Sage of Omaha".

Warren Buffet memang dilahirkan di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat pada 30 Agustus 1930. Ia berkuliah di Wharton Business School di University of Pennsylvania selama dua tahun, yaitu dari tahun 1947 hingga 1949. Di tahun 1950, ia menempuh pendidikan di University of Nebraska–Lincoln dan berhasil lulus di bidang administrasi bisnis.

(Baca: Bill Gates Juara, Ini Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg)

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Benjamin Graham, Columbia University setelah ia tahu bahwa Benjamin Graham dan David Dodd yang merupakan analis keuangan terkemuka kala itu mengajar di sana. Buffett lulus dari Columbia University pada tahun 1951 dengan meraih gelar Master of Science di bidang ekonomi.

Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan ayahnya, Buffett-Falk & Co. di Omaha dari tahun 1951 hingga 1954. Ia kemudian bekerja di Graham-Newman Corp. di New York yang merupakan perusahaan milik Benjamin Graham, mantan profesornya di Columbia Business School, sebagai analis sekuritas selama dua tahun (1954–1956).

Lalu, di tahun 1956–1969, Buffett bekerja sebagai mitra umum di Buffett Partnership, Ltd., Omaha. Selanjutnya ia menduduki jabatan sebagai CEO Berkshire Hathaway Inc. di Omaha dari 1970 sampai sekarang.

(Baca: Kalahkan Amazon, Microsoft Raih Kontrak dari Pentagon Rp 140 Triliun)

Selain dikenal sebagai investor kakap, Buffett juga dikenal sebagai seorang filantropis. Pada 2006 ia menyumbangkan hampir 85% kekayaannya kepada beberapa yayasan amal yang salah satunya adalah Bill and Melinda Gates Foundation yang dimiliki oleh Bill Gates.

Berkat berbagai kegiatan amalnya itu, Buffett menerima Presidential Medal of Freedom pada 2011. Itu merupakan penghargaan tertinggi bagi rakyat sipil di Amerika Serikat, yang diserahkan langsung oleh Presiden Barrack Obama.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan