Microsoft Hentikan Layanan Cortana di iOS dan Android Awal 2020

Penulis: Pingit Aria

19/11/2019, 09.00 WIB

Microsoft memastikan Cortana masih akan tersedia untuk platform Windows.

microsoft
123RF.com

Microsoft baru saja mengumumkan rencana penghentian layanan asisten virtual Cortana. Perusahaan milik Bill Gates itu akan menyetop layanan Cortana versi iOS dan Android pada Januari 2020.

Dikutip dari The Verge, Senin (18/11/2019), Cortana juga sudah memberikan notifikasi soal rencana ini kepada penggunanya. Di laman resminya, Cortana pamit dari Inggris, Kanada, Australia, Jerman, Meksiko, Tiongkok, dan India.

Sedangkan, pengguna di iOS dan Android di Amerika Serikat masih akan bisa menggunakan Cortana, meski untuk waktu yang belum ditentukan.

(Baca: Bill Gates Juara, Ini Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg)

Meski menghapus Cortana untuk perangkat mobile, Microsoft tetap mempertahankan sang asisten virtual di platform Windows. Bahkan, perusahaan akan membuat Cortana terintegrasi dengan software di Microsoft 365.

"Untuk membuat Cortana lebih membantu, kami mengintegrasikan Cortana di software Microsoft 365, dan sebagai bagian dari perubahan itu, kami menghentikan dukungan untuk aplikasi mobile Cortana di Android dan iOS," tutur juru bicara Microsoft.

Cortana semula didesain untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone. Asisten virtual ini baru diluncurkan untuk Android dan iOS pada Desember 2015. Di platform mobile, Cortana menghadapi persaingan berat dengan sesama asisten virtual. Di antaranya ada Google Assistant, Siri dari Apple dan Amazon Alexa.

(Baca: Kalahkan Amazon, Microsoft Raih Kontrak dari Pentagon Rp 140 Triliun)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan