Asosiasi Tambang Beri Penghargaan ke Jokowi dan 23 Perusahaan

Dimas Jarot Bayu
20 November 2019, 22:05
Jokowi, Penghargaan Pertambangan, IMA 2019, Indonesian Mining Awards 2019
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima penghargaan tertinggi di bidang pertambangan dari Indonesian Mining Association (IMA) dalam acara Indonesian Mining Awards 2019, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Presiden Jokowi mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang pertambangan dari Indonesian Mining Association (IMA) dalam acara Indonesian Mining Awards 2019. Jokowi mendapatkan penghargaan tersebut lantaran dinilai telah mendukung industri pertambangan dalam negeri.

Ketua IMA Ido Hutabarat mengatakan, Jokowi telah menciptakan iklim investasi yang baik di sektor pertambangan. "Dengan memberikan kepastian hukum untuk berjalannya industri pertambangan di Indonesia," kata dia dalam acara Indonesian Mining Awards 2019 di Jakarta, Rabu (20/11)

Advertisement

Selain kepada Jokowi, IMA memberikan penghargaan kepada 23 perusahaan tambang di Indonesia. Penghargaan tersebut untuk 12 kategori, yaitu pembayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik, pembayar PNBP terbesar, pengelolaan lingkungan terbaik, pengelolaan keselamatan pertambangan terbaik.

(Baca: Energi Baru Ancam Industri Batu Bara, Pemerintah Dorong Hilirisasi)

Lalu, realisasi investasi perusahaan terbaik berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB), belanja terbesar di dalam negeri terbaik, pengguna produk dalam negeri terbaik, perusahaan jasa pertambangan yang melakukan kaidah pertambangan terbaik.

Kemudian, pelaksana pemberdayaan masyarakat terbaik, penerapan konversi mineral ikutan terbaik, hilirisasi terintegrasi terbaik, dan penyuplai DMO batu bara dengan persentase tertinggi.

Kaltim Prima Coal meraih penghargaan terbanyak yakni delapan penghargaan, disusul Kideco Jaya Agung yang mendapatkan lima penghargaan. Kemudian, Meares Soputan Mining, J Resources, Bukit Asam, dan Timah masing-masing empat penghargaan.

(Baca: BKPM - Pengusaha Sepakat Harga Jual Nikel ke Smelter Maksimal US$ 30 )

Freeport Indonesia, Aneka Tambang Tbk, Adaro Indonesia, dan Vale Indonesia mendapatkan tiga penghargaan. Lalu, Indominco Mandiri, Amman Mineral Nusa Tenggara, Weda Bay Nikel, dan Mandiri Inti Perkasa mendapatkan masing-masing dua penghargaan.

Perusahaan tambang lainnya yang mendapat penghargaan yakni Multi Harapan Utama, Nusa Halmahera Minerals, Agincourt Resources, Pama Persada Nusantara, Thiess Indonesia, Petrosea, Bumi Suksesindo, Jorong Barutama Greston (ITM), dan Arutmin Indonesia. Masing-masing perusahaan tersebut mendapatkan satu penghargaan.

Berikut daftar penerima penghargaan pertambangan Indonesian Mining Awards 2019 berdasarkan kategori:

Kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbaik

Mineral:

  1. Agincourt Resources
  2. J Resources
  3. Aneka Tambang

Batu bara:

  1. Kideco Jaya Agung
  2. Bukit Asam
  3. Kaltim Prima Coal

Kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbesar

Mineral:   

  1. Freeport Indonesia
  2. Amman Mineral Nusa Tenggara
  3. Aneka Tambang

Batu bara:  

  1. Kaltim Prima Coal
  2. Adaro Indonesia
  3. Kideco Jaya Agung

Kategori perusahaan dengan pengelolaan lingkungan terbaik

Mineral:   

  1. Vale Indonesia
  2. Nusa Halmahera Minerals
  3. Meares Soputan Mining

Batu bara:

  1. Kaltim Prima Coal
  2. Adaro Indonesia
  3. Bukit Asam

Kategori perusahaan dengan pengelolaan keselamatan pertambangan terbaik

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement