Raup Laba Rp 10,8 T, Kinerja Kuartal III PLN Tertolong Dana Pemerintah

Image title
20 November 2019, 07:26
laba bersih pln, subsidi listrik, kompensasi listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN membukukan laba bersih Rp 10,8 triliun pada triwulan III 2019. Torehan laba ini terutama didorong oleh pembayaran kompensasi penyediaan listrik dan subsidi listrik dari pemerintah yang mencapai Rp 60,4 triliun.

Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN hingga triwulan III 2019 berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,84 triliun. Kinerja PLN lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 18,48 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis melalui keterbukaan informasi, membaiknya kinerja PLN pada periode ini karena pemerintah telah membayarkan kompensasi di luar subsidi listrik sebesar Rp 19,74 triliun. Sementara, tahun lalu, perusahaan listrik pelat merah ini tidak mendapatkan kompensasi tersebut alias nihil.

Advertisement

Pemerintah memberikan kompensasi atas penggantian biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik beberapa golongan pelanggan yang tarif penjualan tenaga listriknya lebih rendah dari BPP.

(Baca: Korupsi PLN Batubara, Kejaksaan Sita Uang Rp 477 Miliar )

Selain itu, hingga September 2019, pemerintah juga menambahkan subsidi listrik yang jumlahnya mencapai Rp 40,64 triliun. Subsidi listrik yang diperoleh PLN tahun ini 2,17% lebih besar dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 39,77 triliun.

Dengan demikian, pada triwulan III 2019, laba usaha PLN setelah mendapatkan suntikan subsidi tersebut menjadi Rp 37,77 triliun, atau melonjak 126,30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp 16,69 triliun.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement