Demi Efisiensi, BP Indonesia Kurangi Pekerja di Proyek Tangguh

Image title
26 November 2019, 12:03
BP Indonesia, SKK Migas
Katadata
Proyek Tangguh yang dikelola oleh BP Indonesia. BP Indonesia harus merumahkan karyawannya demi mempertahankan kegiatan usaha hulu migas yang berkelanjutan dan kompetitif.

BP Indonesia berencana merumahkan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan yang bekerja di proyek hulu migas. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menyatakan langkah tersebut diambil demi efisiensi biaya proyek Tangguh.

Sumber Katadata di BP Indonesia menyatakan perusahaan asal Inggris itu berencana memangkas 20% dari sekitar 1.000 pekerjanya di Indonesia. Head of Country BP Indonesia Moektianto Soeryowibowo membenarkan pihaknya melaksanakan program restrukturisasi organisasi untuk proyek Tangguh. Namun, dia tidak menyebut jumlah karyawan yang terkena PHK.

Advertisement

"Program restrukturisasi organisasi sedang dilaksanakan dan akan berdampak pada besarnya organisasi yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis dengan tiga LNG train,"ujar Moektianto ke Katadata.co.id pada Senin (25/11).

Moektianto mengatakan restrukturisasi organisasi harus dijalankan demi mempertahankan kegiatan usaha hulu migas yang berkelanjutan dan kompetitif sesuai standar operator-operator migas besar lainnya. Biarpun begitu, perusahaan bakal tetap menjunjung keselamatan kerja.

"BP Indonesia melakukan perampingan dan menyederhanakan kegiatan operasinya dengan tetap menjaga faktor keselamatan, kepatuhan, dan kinerja perusahaan," ujarnya.

(Baca: BP Sebut Produksi Minyak Terus Turun Dalam 10 Tahun Terakhir)

Di sisi lain, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyebut langkah BP memecat karyawannya merupakan upaya efisiensi demi menekan cost recovery. Dwi membantah program restrukturisasi dilaksanakan karena iklim investasi hulu migas Indonesia yang kurang baik.

"Untuk BP Tangguh enggak. Saya kira upaya untuk efisiensi operasi, itu yang selalu didorong, kan masih rezim cost recovery," ujar Dwi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement