Facebook Kembangkan Aplikasi Khusus Karyawan untuk Kenali Wajah

Fahmi Ahmad Burhan
26 November 2019, 10:48
Facebook pernah membuat aplikasi khusus karyawan untuk mengenali wajah orang lain
123RF.com
Ilustrasi facebook.

Facebook kembali menghadapi persoalan privasi, karena membuat aplikasi khusus karyawan untuk mengenali wajah orang lain. Dengan mengarahkan kamera ponsel ke orang yang dituju, pegawai Facebook bisa mengindentifikasi profilnya.

Mengutip dari Business Insider, Facebook mengembangkan aplikasi itu pada 2015 hingga 2016. Setelah itu pengembangannya dihentikan.

Advertisement

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mengakui telah mengembangkan aplikasi pengenalan wajah. Tetapi, mereka membantah aplikasi itu dapat mengidentifikasi setiap pengguna jejaring sosial.

"Sebagai cara untuk belajar tentang teknologi baru, tim kami secara teratur membangun aplikasi untuk digunakan secara internal," kata Juru Bicara Facebook dalam sebuah pernyataan kepada CNET, akhir pekan lalu (23/11).

(Baca: Cegah Peretasan Lewat MP4, Facebook Imbau Pengguna Ubah Versi WhatsApp)

Mereka juga menegaskan bahwa aplikasi itu khusus untuk karyawan Facebook. “Hanya bisa mengenali karyawan dan teman-teman mereka yang telah mengaktifkan pengenalan wajah,” kata dia.

Sebelumnya, Facebook terlibat pelanggaran privasi pada 2018. Konsultan politik Cambridge Analytica mengambil data dari 87 juta pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement