Ketimbang Mobil, Pengusaha Minta Pemerintah Kembangkan Motor Listrik

Image title
26 November 2019, 20:56
Mobil listrik, motor listrik, baterai mobil listrik
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). Kadin Indonesia meminta pemerintah lebih dulu mengembangkan kendaraan listrik roda dua ketimbang roda empat.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia Johnny Darmawan meminta pemerintah lebih dulu mengembangkan kendaraan listrik roda dua ketimbang roda empat. Johnny mengatakan langkah ini dapat dilakukan guna menurunkan harga baterai yang merupakan komponen utama mobil listrik.

Aturan penggunaan tenaga listrik bagi kendaraan roda dua telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik.  Dia mengatakan jika semua sepeda motor bisa bertenaga listrik, ujungnya harga baterai dapat ditekan karena ada kompetisi harga.

“Kalau tidak dimulai, kapan bisa turun biayanya,” di Jakarta, Selasa (26/11).

(Baca: Jepang dan Tiongkok Jajaki Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia)

Johnny mengatakan Tiongkok telah berhasil mengaplikasikan sepeda motor dengan tenaga listrik. Dia yakin pabrikan di Indonesia telah mampu memproduksi baterai listrik untuk sepeda motor.

“Jadi anggap dalam lima tahun bisa 4 sampai 5 juta (sepeda) motor masuk (produksi),” ujar Johnny.

Mantan Presiden Direktur Toyota Astra Motor ini juga mengatakan kendala lain dalam pengembangan kendaraan listrik adalah mencari cara daur ulang baterai yang telah habis masa berlakunya. Apalagi baterai tak dapat dibuang begitu saja karena dapat mencemari lingkungan.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...