Inilah E-Commerce Paling Populer di Asia Tenggara Menurut Riset iPrice

Cindy Mutia Annur
29 November 2019, 19:55
e commerce populer
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi aplikasi e-commerce. Shopee, Lazada, dan Tokopedia menjadi e-commerce terpopuler di Asia Tenggara berdasarkan riset iPrice pada triwulan III 2019.

Shopee, Lazada, dan Tokopedia mengukuhkan diri sebagai e-commerce terpopuler di Asia Tenggara untuk periode triwulan III 2019, berdasarkan hasil riset iPrice terbaru. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa pasar ketiga e-commerce tersebut di Indonesia bakal menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Sementara itu untuk kategori aplikasi selular, aplikasi Shopee dan Lazada menjadi yang terpopuler di Asia Tenggara walaupun menghadapi persaingan yang ketat dari Tokopedia dan e-commerce asal Vietnam, Sendo.

Advertisement

"Kuartal (ketiga) ini, Shopee, Lazada, dan pemain besar lainnya fokus menawarkan layanan baru seperti acara live streaming dan gim dalam aplikasi, untuk meningkatkan user engagement," sebut laporan tersebut yang dikutip Jumat (29/11).

Riset ini dilakukan pada Oktober lalu di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, berdasarkan pencatatan dari situs SimilarWeb. Dari enam negara tersebut, Shopee dan Lazada memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

(Baca: Shopee Masuk Dua Terbesar E-Commerce Paling Dikenal )

Shopee menjadi e-commerce paling populer di Vietnam dan Indonesia. Sedangkan, Lazada merajai pasar Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. "Vietnam dan Indonesia diprediksi akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara," sebut laporan tersebut.

Tak hanya meneliti data regional, riset iPrice juga meneliti data per negara. Di Indonesia, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer dengan kunjungan bulanan tertinggi di antara e-commerce lainnya yakni 66 juta pengguna bulanan, kemudian menyusul Shopee di peringkat kedua dengan 56 juta kunjungan, Bukalapak 42,9 juta kunjungan, dan Lazada 27 juta kunjungan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement