Dugaan Penyelundupan Harley, Menhub Cek Aturan Penerbangan Perdana

Image title
3 Desember 2019, 21:04
Harley Davidson, Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA
Pesawat Garuda Indonesia

Garuda Indonesia tengah jadi sorotan seiring temuan onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat barunya yang diterbangkan dari markas Airbus, Prancis. Direktorat Bea dan Cukai yang menemukan barang tersebut tengah melakukan investigasi.

Menanggapi temuan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan melihat regulasi tentang penerbangan perdana. “Itu adalah penerbangan perdana, saya tentu akan melihat dulu regulasinya seperti apa,” kata Meneteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (3/12).

Budi mengatakan, dirinya juga masih menunggu laporan dari Diektorat Perhubungan Udara mengenai persoalan tersebut. Maka itu, ia belum dapat memberikan penjelasan detail mengenai masalah yang terjadi. “Saya belum dapat laporan final,” ujarnya.

(Baca: Bea Cukai Investigasi Harley Davidson dan Brompton Ilegal)

Berdasarkan keterangan tertulis Direktur Kepabeanan International dan Antarlembaga, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Syarif Hidayat, petugasnya melakukan pemeriksaan terhadap pesawat baru Garuda Indonesia yang tiba di hanggar Garuda Facility Maintenance pada Minggu 17 November 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...