Garuda Benarkan Onderdil Harley dan Brompton dalam Pesawat Baru Airbus

Image title
3 Desember 2019, 18:32
garuda indonesia, sepeda brompton, onderdil harley, pesawat airbus
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pesawat Garuda di Hangar GMF,  Tanggerang, Banten (2/3). Motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di dalam pesawat Airbus A330-900 Neo diklaim milik karyawan Garuda Indonesia sehingga tidak menjadi tanggung jawab perusahaan.

Garuda Indonesia membenarkan adanya onderdil motor Harley Davidson dan dua sepeda baru bermerek Brompton di dalam pesawat Airbus A330-900 Neo yang tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu 17 November 2019.

Vice President Corporate Secretary Ikhsan Rosan mengatakan bahwa barang tersebut milik karyawan Garuda. Namun, dia menjelaskan bahwa jajaran direksi perusahaan yang ikut dalam pesawat tersebut tidak mengetahui adanya barang-barang tersebut.

Advertisement

"Milik karyawan Garuda. Ada jajaran direksi karena jemput pesawat, ada serah terima, ada petugas untuk urus dokumen," kata Ikhsan, di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (3/12).

Dia menegaskan bahwa barang tersebut bukan tanggung jawab perusahaan, melainkan tanggung jawab perorangan, dan harus mengikuti aturan kepabeanan yang berlaku di daerah tujuan. "Kami tidak melihat bahwa itu tanggung jawab perusahaan secara umum, tapi itu bawaan individu masing-masing," ujarnya.

(Baca: Bea Cukai Investigasi Harley Davidson dan Brompton Ilegal)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement