Transaksi Penjualan Harbolnas Tahun Ini Diramal Naik Lima Kali Lipat

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Agustiyanti

3/12/2019, 21.14 WIB

Penjualan Harbolnas atau pesta diskon 12.12 diperkirakan lebih tinggi dibandingkan pesta diskon 10.10 dan 11.11.

harbolnas, pesta diskon, penjualan harbolnas, pesta diskon online
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi Harbolnas.

Perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo memprediksi, penjualan peretail online atau e-commerce  saat Harbolnas atau pesta diskon 12.12 tahun ini bisa melesat hingga lima kali lipat dibanding hari biasa. Adapun kunjungan ke situs ritel online bisa meningkat sampai 2,5 kali lipatnya.

Harbolnas masih dianggap sebagai pesta diskon yang paling digemari oleh konsumen di ritel online dibandingkan pesta diskon lainnya seperti 10.10 atau 11.11.

Senior Account Strategist Large Customers, SEA, Taiwan and Hong Kong, Criteo, McCarl Leonardo mengatakan Harbolnas lebih populer karena di Indonesia Harbolnas lahir lebih dulu dibanding singles day atau 11.11. Ini berbeda dengan negara lain di Asia Tenggara, seperti Singapura yang lebih populer dengan singles day.

"Kalau di Indonesia, Harbolnas lebih dulu ada. Di luar negeri kan singles day dulu, karena itu dipopulerkan oleh Alibaba," ungkap McCarl pada Selasa (3/12) di Jakarta.

(Baca: Lazada Tawarkan 80 Juta Promosi Selama Pesta Diskon 11.11)

Berdasarkan data Criteo, penjualan retail online pada 10.10 tahun lalu meningkat 106% dibandingkan hari biasa.. Lalu pada gelaran 11.11 melejit 174% dan saat 12.12 melesat hingga 389%.

Sementara pada 2019, penjualan ritel online pada 10.10 naik 110%, lalu pada 11.11 meningkat 170% dari hari biasa. Criteo memprediksi penjualan 12.12 naik hingga lima kali lipat dengan peningkatan kunjungan 2,5 kali lipat dari hari biasa.

"Musim belanja ini memberikan peluang bagi para pemain ritel untuk berinteraksi dengan para pelanggan," kata McCarl.

Criteo merekomendasikan agar peritel online memikirkan cara unik dan berbeda dalam berinteraksi dengan pelanggan guna meningkatkan penjualan. Peretail bisa memanfaatkan kekuatan data dengan mengidentifikasi kategori penjualan tertinggi antarproduk.

(Baca: Aprindo Sebut Pembelian Produk Elektronik di Toko Online Meningkat)

Sejauh ini, produk kecantikan dan elektronk tercatat paling laris selama gelaran pesta diskon 10.10 maupun 11.11. Adapun Criteo mencatat, konsumen retail online lebih banyak menggunakan situs mobile dibandingkan desktop

Hal senada juga diungkapkan Performance Advertising Associate Manager Blibli.com Sandy L Kusuma. "Konsumen sudah terbiasa dengan Harbolnas. Jadi mereka menyiapkan, nunggu dulu, baru pas harbolnas belanja," ungkap dia.

Di Blibli.com, produk yang paling diminati adalah groceries atau kebutuhan rumah tangga. Porsi penjualannya bahkan mencapai 50%.

Untuk Harbolnas tahun ini, pihaknya menargetkan peningkatan penjualan mencapai di atas 50% dari hari biasanya. Promo yang diberikan e-commerce itu bakal lebih besar pada Harbolnas dibanding saat pesta diskon 10.10 dan 11.11.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan