Transaksi Penjualan Harbolnas Tahun Ini Diramal Naik Lima Kali Lipat

Fahmi Ahmad Burhan
3 Desember 2019, 21:14
harbolnas, pesta diskon, penjualan harbolnas, pesta diskon online
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi Harbolnas.

Perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo memprediksi, penjualan peretail online atau e-commerce  saat Harbolnas atau pesta diskon 12.12 tahun ini bisa melesat hingga lima kali lipat dibanding hari biasa. Adapun kunjungan ke situs ritel online bisa meningkat sampai 2,5 kali lipatnya.

Harbolnas masih dianggap sebagai pesta diskon yang paling digemari oleh konsumen di ritel online dibandingkan pesta diskon lainnya seperti 10.10 atau 11.11.

Senior Account Strategist Large Customers, SEA, Taiwan and Hong Kong, Criteo, McCarl Leonardo mengatakan Harbolnas lebih populer karena di Indonesia Harbolnas lahir lebih dulu dibanding singles day atau 11.11. Ini berbeda dengan negara lain di Asia Tenggara, seperti Singapura yang lebih populer dengan singles day.

"Kalau di Indonesia, Harbolnas lebih dulu ada. Di luar negeri kan singles day dulu, karena itu dipopulerkan oleh Alibaba," ungkap McCarl pada Selasa (3/12) di Jakarta.

(Baca: Lazada Tawarkan 80 Juta Promosi Selama Pesta Diskon 11.11)

Berdasarkan data Criteo, penjualan retail online pada 10.10 tahun lalu meningkat 106% dibandingkan hari biasa.. Lalu pada gelaran 11.11 melejit 174% dan saat 12.12 melesat hingga 389%.

Sementara pada 2019, penjualan ritel online pada 10.10 naik 110%, lalu pada 11.11 meningkat 170% dari hari biasa. Criteo memprediksi penjualan 12.12 naik hingga lima kali lipat dengan peningkatan kunjungan 2,5 kali lipat dari hari biasa.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...