Anak dan Menantu Jokowi Maju Pilkada, Istana Tak Akan Ikut Campur

Dimas Jarot Bayu
4 Desember 2019, 22:36
gibran rakabuming, bobby nasution, keluarga jokowi
Biro Pers Setpres | Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo bersama keluarganya di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi (8/12/2018). Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Istana tak akan ikut campur memenangkan anak dan menantu Jokowi yang berencana ikut Pilkada 2020 mendatang.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pihak di sekitar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan ikut campur memenangkan Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang berencana ikut Pilkada 2020 mendatang.  

Putra sulung Jokowi yakni Gibran Rakabuming rencananya bakal mengikuti Pilwalkot Solo yang akan digelar pada 2020 mendatang. Sementara sang menantu, Bobby Nasution, berencana ikut serta di Pilwalkot Medan. Keduanya mendaftar lewat PDI Perjuangan.

“Istana tidak ikut campur. Itu balik lagi hak politik seseorang,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/12).

(Baca: Temui Megawati, Gibran Gigih Jadi Calon Wali Kota Solo dari PDIP)

Moeldoko juga menepis anggapan politik dinasti mulai terbangun di keluarga Jokowi. Menurutnya, Gibran dan Bobby hanya menggunakan hak politiknya sebagaimana diatur dalam konstitusi.

Mantan Panglima TNI itu juga menganggap Gibran dan Bobby berhak ikut Pilkada lantaran keduanya tak pernah dicabut hak politiknya. Pasalnya, putra dan menantu Jokowi itu tak pernah melanggar hukum pidana lebih dari lima tahun.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...