Kasus Jiwasraya, DPR Bakal Panggil Erick Thohir dan Dua Bank BUMN

Image title
4 Desember 2019, 19:11
RAPAT MENTERI BUMN DENGAN DPR
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) saat rapat di DPR. Komisi VI DPR bakal memanggil Erick untuk membahas masalah klaim macet asuransi jiwasraya bersama BRI dan BTN.

Komisi VI DPR bakal memanggil Menteri BUMN Erick Thohir beserta PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Tbk guna membahas klaim macet PT Asuransi Jiwasraya. BRI dan BTN diketahui turut menjual produk Saving Plan BUMN asuransi itu. 

"Anggota komisi VI yang hadir sepakat bahwa ini perlu diselesaikan segera. Sekarang pimpinan komisi VI menjadwalkan waktunya," kata Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Gerindra Andre Rosiade saat audiensi dengan nasabah Jiwasraya di Gedung DPR, Rabu (4/12).

Jiwaraya sebelumnya gagal membayar klaim produk Saving Plan. Produk ini disalurkan melalui saluran distribusi bancassurance dengan sejumlah bank mitra, antara lain BRI, BTN, PT Bank ANZ Indonesia, PT Bank QNB Indonesia Tbk, PT Bank KEB Hana, PT Bank Victoria Tbk, dan PT Bank Standard Chartered Indonesia.

Berdasarkan dokumen RDP Jiwasraya yang diperoleh Katadata.co.id sebelumnya, Jiwasraya melakukan kesalahan dalam pembentukan harga produk tersebut dan lalai dalam berinvestasi. Produk ini ditawarkan dengan imbal hasil  pasti sebesar 9% hingga 13% sejak 2013 hingga 2018, dengan periode pencairan setiap tahun. 

(Baca: Jadi Korban Jiwasraya, Bos Samsung Indonesia Mengadu ke DPR)

Lantaran imbal hasil tersebut berada di atas rata-rata pasar, Jiwasraya pun berupaya menggenjot hasil investasi tanpa memperhatikan prinsip kehati-hatian. Hal ini membuat hasil investasi perusahaan justru memburuk di tengah kondisi pasar yang tak pasti. 

Akibatnya, modal perusahaan minus hingga Rp 24 triliun per September 2019 dan membutuhkan dana Rp 32 triliun untuk mencapai ketentuan minimum OJK. Kondisi keuangan Jiwasraya lebih detail dapat dilihat dalam databoks di bawah ini.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...