Harga Bawang Merah dan Telur Ayam yang Kerap Naik Jelang Akhir Tahun

Sorta Tobing
5 Desember 2019, 14:40
harga bawang merah naik, harga telur ayam naik, inflasi november 2019, bps
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada November 2019 terjadi inflasi 0,14% secara bulanan atau 3% secara tahunan. Salah satu pemicunya adalah kenaikan harga bawang merah.

Jelang natal dan tahun baru, harga komoditas pangan mulai beranjak naik. Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat inflasi pada November 2019 mencapai 0,14% secara bulanan atau 3% secara tahunan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, angka inflasi itu lebih tinggi ketimbang bulan lalu. Tapi pergerakannya masih wajar. Semakin dekat ke akhir tahun, harga-harga memang cenderung naik.

“Tapi secara tahunan, inflasi November 2019 masih lebih rendah dibandingkan 2018 sebesar 3,23% dan 2017 sebesar 3,3 %,” katanya di Jakarta, Senin (2/12). Pergerakan inflasi sejak awal tahun terlihat dari grafik Databoks berikut ini.

Dua komoditas pangan yang harganya sedang naik adalah bawang merah dan telur ayam. Andil keduanya dalam inflasi bulan lalu masing-masing 0,07% dan 0,01%.

Kenaikan harga pangan tertinggi adalah bawang merah. Harganya naik 21,5% menjadi Rp 27.649 per kilogram dibandingkan Oktober 2019.

(Baca: Pedasnya Harga Cabai yang Kerap Membuat Gejolak Inflasi)

Dongan, salah stu penjual bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan harganya kini menyentuh Rp 25 ribu per kilogram.

Padahal sebelumnya angka itu berkisar di Rp 13 ribu hingga Rp 18 ribu per kilogram. “Sudah dua minggu ini naik,” katanya seperti dikutip dari Kompas.com pada Jumat pekan lalu.

Kenaikan harga ini, menurut dia, wajar. Setiap musim hujan, harga bawang merah cenderung naik. Angkanya akan turun begitu memasuki musim kemarau.

Pada Agustus lalu, ketika musim kemarau mencapai puncaknya, harga bawang merah sempat anjlok ke Rp 5 ribu per kilogram. Masuk ke musim hujan, pada pertengahan Oktober 2019, angkanya bergerak naik.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...