Optimalkan Teknologi, Merdeka Copper Naikan Target Produksi Emas

Image title
5 Desember 2019, 18:40
PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menaikkan target produksi emas tahun ini, dari 200 ribu menjadi 220 ribu ounce (oz)
ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar
Ilustrasi, salah satu areal pertambangan emas di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura), Poboya, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (9/2).

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menaikkan target produksi emas tahun ini, dari 200 ribu menjadi 220 ribu ounce (oz). Untuk mencapai target tu, perusahaan mengoptimalkan teknologi dan efisiensi biaya operasional.

Target tersebut juga meningkat sekitar 31,3% dibanding realisasi tahun lalu, 167.506 ounce. "Kenaikan target di 2019 menjadi bukti bahwa aktivitas tambang di Tujuh Bukit solid," kata Sekretaris Perusahaan MDKA Adi M Soekri di Banyuwangi, Kamis (5/12).

Advertisement

Produksi utama emas perseroan memang berasal dari tambang Tujuh Bukit di Banyuwangi. Tambang itu dikelola oleh anak usaha MDKA yakni PT Bumi Suksesindo (BSI).

(Baca: Merdeka Copper Targetkan Studi Tambang Tujuh Bukit Selesai Tahun Depan)

Untuk meningkatkan produksi, BSI meneruskan proses eksplorasi sumber daya porfiri tembaga dan emas pada Upper High Grade Zone (UHGZ). Perusahaan menghabiskan investasi Rp 400 miliar sejak Kuartal I 2018 hingga saat ini.

"Komitmen kami memperkuat cadangan untuk kesinambungan tambang dalam jangka panjang,” kata Adi. Menurut dia, penguatan fundamental sangat dibutuhkan untuk memastikan kinerja MDKA tumbuh postif secara berkesinambungan.

Adi mengungkapkan, perusahaan menaikkan target produksi emas karena pengolahan dan pemurnian mineral mentah (ore) dengan metode Heap Leach juga meningkat.‎ "Ini merupakan refleksi dari peningkatan penindihan kami.‎ Target tahun ini karena ore yang kami dapat konsentrasinya lebih baik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement