Kementerian BUMN Fokus Jaga Keuangan Garuda Pasca Pencopotan Dirut

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Happy Fajrian

6/12/2019, 15.06 WIB

Kementerian BUMN akan memastikan kondisi keuangan Garuda Indonesia tetap terjaga dan sehat.

kementerian bumn, garuda indonesia,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Usai dirutnya dicopot, Kementerian BUMN akan memastikan kondisi keuangan Garuda Indonesia tetap terjaga dan sehat.

Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyatakan bahwa pihaknya belum memutuskan siapa sosok yang akan menggantikan I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Namun, dia memastikan bahwa usai pencopotan tersebut Kementerian BUMN akan memastikan kondisi keuangan perseroan tetap terjaga. "Yang terpenting sosok tersebut masuk dalam indikator yang mengerti manajemen. Komisaris yang tunjuk," kata Arya, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (6/12).

Arya pun tak menampik bahwa akan ada perombakan direksi dan komisaris Garuda kedepannya. Menurutnya, Kementerian BUMN akan mengevaluasi untuk memperkuat jajaran pengurus maskapai pelat merah tersebut.

Sementara itu Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol menyatakan pelaksana tugas (Plt) dirut perusahaan akan ditentukan dalam Rapat Dewan Komisaris, hari ini. Sebelumnya dikabarkan Direktur Keuangan Fuad Rizal akan menjadi pengganti sementara Dirut Garuda.

(Baca: Empat Direksi Garuda Disebut Tak Dapat Izin Jemput Pesawat Baru Airbus)

Namun, Sahala enggan mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. "Hari ini kami akan mengadakan rapat dewan komisaris untuk menunjuk Plt. Sudah ada, hanya perlu ditandatangani. Nanti lihat saja keputusannya," kata Sahala di Kantor Kementerian BUMN.

Pertemuan itu juga untuk mempersiapkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) guna mengangkat Direktur Utama Garuda secara definitif. Oleh karena itu, jajaran Direksi Garuda saat ini diminta untuk mendaftarkan agenda RUPSLB.

Kendati demikian, pagi ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membocorkan bahwa sosok yang akan ditunjuk sebagai plt Dirut Garuda adalah Direktur Keuangan Fuad Rizal. "Sudah saya konfirmasi, plt dirut adalah direktur keuangan," ujar Menhub.

Meski begitu, ketika Katadata.co.id mengkonfirmasi hal tersebut langsung kepada Fuad Rizal melalui pesan singkat WhatsApp, dia mengaku belum tahu soal penunjukkan itu. "Belum tahu. Saya masih meeting di luar," kata dia.

(Baca: Foto Dispay : Razia Pajak Bermasalah dan Pelat Nomor Palsu Mobil Mewah)

Reporter: Fariha Sulmaihati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan