Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Royke Jadi Dirut Baru Bank Mandiri

Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu - Ihya Ulum Aldin
9 Desember 2019, 11:06
menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan bahwa Royke Tumilaar bakal menjadi Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo.
Dok. Bank Mandiri
Ilustrasi Royke Tumilaar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan bahwa Royke Tumilaar bakal menjadi Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo. Penunjukan Royke akan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada siang hari ini (9/12).

Royke sebelumnya menjabat sebagai Direktur Corporate Banking Bank Mandiri. “Pak Royke kan, sudah (ditetapkan)” kata Erick di kantornya, hari ini (9/12).

Advertisement

Pengganti Kartika itu bergabung dengan perusahaan pelat merah ini pada 1999 melalui Bank Dagang Negara (BDN). BDN digabungkan dengan Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor Indonesia (Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) menjadi Bank Mandiri pada Juli 1999.

Saat itu, Royke menduduki posisi Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta. (Baca: Kementerian BUMN: Calon Dirut Mandiri dari Internal Perusahaan)

Pada 2007, Royke dipromosikan menjadi Group Head Regional Commercial Sales I. Pada Agustus 2009, ia merangkap sebagai Komisaris Mandiri Sekuritas. Pada Mei 2010, dia ditunjuk menjadi Group Head of Commercial Sales Jakarta sampai dengan setahun kemudian.

Pada Mei 2011, Royke pun diangkat menjadi Managing Director Treasury, Financial Institutions and Special Asset Management. Sebelumnya akhirnya Royke ditunjuk sebagai Direktur Corporate Banking hingga saat ini.

Berdasarkan situs perusahaan, pria kelahiran 1964 itu meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen dari Universitas Trisakti pada tahun 1987. Lalu, dia mendapatkan gelar Master of Business Finance dari University of Technology Sydney pada 1999.

Sebelumnya, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga yang menyebutkan bahwa posisi Dirut bakal diisi oleh internal perusahaan. “Dari internal, lihat saja nanti," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, akhir pekan lalu (6/12).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin, Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement