Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK Tanpa Kehadiran Jokowi

Agatha Olivia Victoria
9 Desember 2019, 11:17
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memberikan sambutan saat meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang Jawa Tengah, Kamis (7/11/2019). Selain meresmikan RSU Syubbanul Wathon yang merupakan kerjasama PBNU dengan Lippo Group, Ma'ruf Amin juga
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi kinerja KPK yang telah menyelamatkan keuangan negara mencapai Rp 60 triliun.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. Namun tahun ini, acara tahunan tersebut minus kehadiran Presiden Joko Widodo. 

Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, kehadiran Jokowi digantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri, pejabat tinggi negara, dan politisi terlihat datang dalam acara tersebut.

Hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny Plate, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.  Kemudian Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono. 

(Baca: Tak Hadiri Undangan KPK, Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMKN 57)

Dalam sambutannya di KPK, Ma'ruf Amin menekankan peringatan Hari Antikorupsi merupakan upaya penyadaran publik terhadap persoalan korupsi di Tanah Air. Korupsi merupakan kejahatan sistemik yang menjadi masalah serius dan menghambat pembangunan. 

"Arahan presiden jelas. Jangan korupsi dan tutup celah terjadi korupsi. Presiden juga punya arahan agar pencegahan korupsi di prioritaskan pada sektor perizinan dan pelayanan publik," ujar Ma'ruf Amin di Jakarta, Senin (9/12). 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...