Xpander Filipina Kena Recall, Begini Sejarah Mobil Buatan Cikarang Itu

Sorta Tobing
9 Desember 2019, 19:17
mitsubishi xpander kena recall, harga xpander, spesifikasi xpander, sejarah xpander
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Mitsubishi melakukan recall terhadap produk Xpander di VIetnam dan Filipina karena ada masalah pada pompa bahan bakar.

Setelah melakukan kampanye penarikan produk atau recall Xpander di Vietnam, Mitsubishi Filipina melakukan hal serupa pada 6 Desember lalu. Masalahnya pun sama, yaitu pompa bahan bakar.

Pengumuman di situs Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) mengatakan, masalah ini hanya terjadi pada mobil Xpander yang dibeli pada Mei 2018 hingga 22 Oktober 2019.

Perusahaan otomotif itu mengimbau konsumen untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi Mitsubishi. Perbaikan pompa bahan bakar atau fuel pump tersebut akan memakan waktu 1,5 jam untuk setiap mobil.

Mengutip dari Top Gear Philippines, kegagalan pada pompa bahan bakar juga terjadi pada produk Xpander di Vietnam. Pompa itu gagal beroperasi dan menyebabkan kendaraan multi guna atau multipurpose vehicle (MPV) ini tiba-tiba mati ketika sedang digunakan. Bahkan mobil menjadi susah untuk dinyalakan kembali.

Dalam investigasinya, Mitsubishi menemukan resin yang dipakai dalam komponen itu membesar. Akibatnya, pompa menjadi berhenti berputar.

Seluruh produk Xpander saat ini merupakan produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang, Indonesia. Namun, sampai sekarang belum ada informasi apakah masalah serupa terjadi di Tanah Air.

(Baca: Xpander Produksi RI Kena Recall di Filipina, Mitsubishi Investigasi)

Kepada Katadata.co.id, Head of Public Relation & CSR Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Aditya Wardhani tak menampik kabar tersebut. Dia juga membenarkan produk Xpader yang di-recall di Filipina merupakan hasil rakitan pabrik Mitsubishi di Indonesia.

"Xpander yang dijual di Filipina dan Vietnam diproduksi di Indonesia, dengan komponen dan spesifikasi yang sama dengan yang dijual di dalam negeri," katanya, Senin (9/12).

Mengenai kasus tersebut, MMKSI dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang membidangi divisi produksi menyatakan masih mendalami lebih lanjut, termasuk soal adanya kemungkinan recall  untuk produk serupa yang dijual di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...