Jokowi Perintahkan Anak Buah Perbaiki 2.188 BUMDes yang Tak Jalan

Dimas Jarot Bayu
11 Desember 2019, 15:09
badan usaha milik desa, jokowi, bumdes tak jalan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) memerintahkan anak buahnya merevitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar optimal dalam menggerakkan ekonomi desa. Pasalnya, ada 2188 BUMDes yang saat ini tidak beroperasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan anak buahnya memperbaiki 2.188 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang saat ini tidak beroperasi. Ini agar badan usaha tersebut optimal dalam menggerakkan ekonomi desa. 

Sementara 1.670 BUMDes beroperasi, namun belum memberikan kontribusi kepada pendapatan desa. “Ini tolong menjadi catatan,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12).

(Baca: 10 BUMDes dengan Omzet Miliaran Rupiah)

Jokowi juga meminta kualitas BUMDes dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan pada rantai suplai nasional. Selain itu perusahaan desa dapat menjalin kemitraan dengan sektor-sektor swasta besar.

“Juga mulai dibuka distribusinya, sehingga produk unggulan desa bisa masuk ke marketplace, baik nasional maupun global,” kata Jokowi.

Dengan demikian, dana desa yang disalurkan pemerintah bisa menggerakkan sektor produktif di desa. Pada tahun 2020 pemerintah akan menyalurkan dana desa sebesar Rp 72 triliun, naik Rp 2 triliun dari tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...