Aturan Direvisi, Kemenkeu Prediksi Pengeluaran Dinas di Bawah Rp 43 T

Agatha Olivia Victoria
12 Desember 2019, 20:16
Karyawan menunjukan uang rupiah pecahan 100 ribu dan 50 ribu di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (23/9/2019). Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada awal pekan ini dibayangi sentimen perang dagang, terkait batalnya kunjungan deleg
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Realisasi anggaran perjalanan dinas 2020 diprediksi akan lebih rendah dari Rp 43 triliun.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memprediksi realisasi anggaran perjalanan dinas pada 2020 akan lebih rendah dari Rp 43 triliun, lebih rendah dibandingkan realisasi 2019 sebesar Rp 45 triliun. Penurunan anggaran perjalanan dinas itu dimungkinkan dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 181 Tahun 2019.

"Diharapkan realisasi perjalanan dinas 2020 akan lebih rendah dari Rp 43 triliun," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani kepada Katadata.co.id, Kamis (12/12).

PMK Nomor 181 Tahun 2019 merevisi PMK nomor 164 tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Dinas Luar Negeri. PMK ini dikeluarkan guna mewujudkan pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri secara lebih efisien dan efektif dengan tetap memperhatikan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Salah satu poin yang disoroti dalam beleid tersebut adalah efisiensi transportasi udara perjalanan dinas. Dalam PMK tercantum bahwa golongan III/c sampai IV/b, serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/Polri selain yang dimaksud pada golongan b dan golongan c, hanya diperbolehkan menggunakan angkutan udara kelas ekonomi untuk perjalanan dinasnya. Padahal sebelumnya, golongan tersebut diperbolehkan menggunakan kelas bisnis apabila perjalanannya melebihi delapan jam penerbangan, tidak termasuk waktu transit.

(Baca: Anies Ubah Aturan Perjalanan Dinas, Rombongan Tak Lagi Dibatasi)

Laporan Pertanggungjawaban Disederhanakan

Kepala Biro Humas Kemenkeu Nufransa Wira Sakti menuturkan, terdapat dua hal lainnya terkait teknis pertanggungjawaban perjalanan dinas. "Salah satunya, simplifikasi pertanggungjawaban," kata Nufransa kepada Katadata.co.id, Kamis (12/12).

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...