Indosat Optimistis Pembangunan 18 Ribu BTS 4G Lebih Cepat dari Target

Image title
12 Desember 2019, 11:22
Indosat Optimistis Pembangunan 18 Ribu BTS 4G Lebih Cepat dari Target
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi Indosat Ooredoo

PT Indosat Tbk (ISAT) optimistis pembangunan 18 ribu menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) bisa selesai pada 15 Desember nanti. Artinya, penyelesaian proyek tersebut lebih cepat dari target akhir tahun ini.

Proyek tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan menargetkan 4.200 titik cakupan jaringan generasi keempat (4G) di seluruh Indonesia. Indosat Ooredoo menargetkan jaringan 4G Plus-nya bisa menjangkau 90% wilayah Indonesia pada akhir tahun ini.

Advertisement

“Kami rasa akan mendahului penyelesaian dari yang direncanakan," kata Presiden Direktur sekaligus CEO Indosat Ahmad Al-Neama di Solo, Jawa Tengah, kemarin (11/12).

Director and Chief Operating Officer Indosat Vikram Sinha menambahkan, pembangunan BTS 4G di 4.200 titik merupakan kombinasi antara cakupan atau coverage dan kapasitas. Karena itu, perusahaannya bakal membangun 12 ribu BTS baru.

(Baca: Indosat Luncurkan Ponsel Baru agar Masyarakat Migrasi ke Teknologi 4G)

Di satu sisi, Indosat Ooredoo juga berencana mengganti kabel jaringan dari tembaga menjadi serat optik. "Kami bisa lebih cepat (membangun BTS) dari yang telah direncanakan,” kata Vikram.

Nantinya, kata Chief Technology and Information Officer Indosat Dejan Kastelic, menara telekomunikasi yang dibangun itu akan terhubung dengan jaringan fiber optik. Ia mengatakan, pembangunan kabel fiber optik butuh biaya yang besar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement