Sebelum Rabobank, Ini Bank-Bank yang Diakuisisi BCA

Sorta Tobing
12 Desember 2019, 16:49
BCA akuisisi Rabobank, BCA akuisisi Bank Royal, nilai akuisisi BCA
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. BCA mengakuisisi saham Rabobank senilai Rp 397 miliar.

PT Bank Central Asia Tbk baru saja menandatangani perjanjian jual beli saham PT Bank Rabobank International Indonesia. BCA membeli 3.719.070 saham bank itu dengan nilai transaksi Rp 397 miliar.

Transaksi ini akan menempatkan BCA sebagai pemegang seluruh saham Rabobank. Adapun tujuan akuisisi itu untuk mengembangkan bisnis anak usahanya.

"Nilai itu akan disesuaikan dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian rencana transaksi (transaction closing)," dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (11/12).

BCA menyatakan bakal mengkaji kemungkinan penggabungan bank yang diambil alih dengan entitas anak usahanya. Sebelumnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiadmaja mengatakan ada beberapa rencana terkait akusisi bank.

Opsi yang sedang dipertimbangkan adalah menggabungkan dengan BCA Syariah, melebur ke dalam BCA, atau digabung dengan Bank Royal yang akan berubah menjadi bank digital. “Saat ini belum ada progresnya, mau bereskan satu dulu, (akuisisi) Bank Royal," kata Jahja usai mengakuisisi Bank Royal pada akhir Oktober lalu.

(Baca: Bangkok Bank dan Sumitomo Bersaing Akuisisi 90% Saham Bank Permata)

Akuisisi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan bank swasta terbesar di Tanah Air itu pada 2019. Sebelumnya, perusahaan mengambil alih seluruh saham Bank Royal.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...