Kekuatan Bangkok Bank, Calon Juragan Baru Pembeli Permata

Agustiyanti
13 Desember 2019, 13:51
bangkok bank, bank permata, akuisis bank permata, profil
123RF.com/Steven Heap
Kantor cabang Bangkok Bank di Shanghai, Tiongkok. Bangkok Bank saat ini memiliki cabang di 14 negara, termasuk Indonesia.

Bangkok Bank telah mengumumkan akuisisi 89,12% saham PT Bank Permata Tbk dengan mengambil alih kepemilikan Standard Chartered Bank dan PT Astra Internasional Tbk. Nilai akuisisi tersebut diperkirakan mencapai Rp 37 triliun dan transaksi diperkirakan rampung tahun depan.

Siapa sebenarnya Bangkok Bank?

Bangkok Bank merupakan bank terbesar kedua di Thailand dan masuk dalam 10 besar bank dengan aset terbesar di ASEAN. Berdiri tahun 1944, perusahaan keuangan ini fokus pada penyaluran kredit di sektor usaha kecil menengah dengan total nasabah mencapai 17 juta.

Per September 2019, total aset bank ini mencapai US$ 105 miliar atau sekitar Rp 1.470 triliun jika menggunakan kurs Rp 14 ribu per dolar AS. Jumlah aset tersebut lebih besar dari BRI yang menempati posisi terbesar di Indonesia dengan aset Rp 1.305,6 triliun.

Bangkok Bank saat ini telah memiliki cabang di 14 negara dengan total pinjaman internasional menyumbang 17% dari total pinjaman bank. Di Indonesia, Bangkok Bank telah memiliki kantor cabang bank asing sejak 1968.

(Baca: Bangkok Bank Bakal Akuisisi 89% Saham Bank Permata Senilai Rp 37 T)

Total aset Bangkok Bank di Indonesia hingga September 2019 mencapai Rp 36,08 triliun dengan total penyaluran kredit Rp 22,31 triliun. Sementara itu, keuntungan yang diperoleh kantor cabang tersebut pada periode yang sama mencapai Rp 679,87 miliar atau naik hampir tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...