Setelah Pepsi Hengkang, Coca-Cola Resmi Pasok Minuman KFC hingga 2024

Penulis: Ekarina

14/12/2019, 11.00 WIB

Tak hanya KFC, Coca-Cola Amatil juga akan bekerjasama dengan PT Sarimelati Kencana Tbk, selaku pemilik jaringan restoran cepat saji Pizza Hut Indonesia.

Retail KFC
Katadata | Arief Kamaludin
ilustrasi gerai makanan cepat saji KFC. Coca-Cola akan menjadi pemasok produk minuman untuk KFC, menggantikan Pepsi Co. yang resmi hengkang dari Indonesia.

PT Fast Food Indonesia (KFC Indonesia) resmi  bekerjasama dengan  Coca Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) sebagai pemasok minuman ringan di restoran makanan siap saji tersebut. Kerja sama ini akan berlangsung hingga lima tahun ke depan.

Melalui kolaborasi ini, konsumen dapat menikmati berbagai minuman ringan Coca-Cola, Fanta, dan Sprite dalam menu original ayam KFC. Menu-menu tersebut tersedia di lebih dari 700 gerai KFC di seluruh Indonesia.

“Kami senang dapat melebarkan bisnis  dengan salah satu restoran siap saji paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Kolaborasi Amatil Indonesia dan KFC akan menjadi kunci tercapainya pertumbuhan bisnis yang kuat," kata Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia, Kadir Gunduz dalam keterangan resmi, Jumat (13/12).

(Baca: KFC Gantikan Pepsi dengan Coca-Cola Secara Bertahap)

Saat ini, Coca-Cola Amatil Indonesia melayani lebih dari 500.000 pelanggan, di pasar modern dan tradisional di seluruh Indonesia. Perusahaan tercatat telah mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur, dua pabrik preform dan empat mega distribution centre.

Tak hanya KFC, Coca-Cola Amatil juga berencana bekerjasama dengan PT Sarimelati Kencana Tbk, selaku pemilik jaringan restoran cepat saji Pizza Hut Indonesia. Penandatanganan kerja sama tersebut akan  dilansungkan pekan depan.

Coca-Cola Amatil nantinya akan menjadi pemasok tunggal minuman Coca-Cola, Sprite dan Fanta di 250 jaringan restoran Pizza Hut di Indonesia. Perjanjian kerja sama tersebut akan berlangsung hingga lima tahun ke depan. 

Seperti diketahui, PepsiCo hengkang dari Indonesia setelah kontraknya dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) untuk memproduksi, menjual, dan mendistribusikan produk minimum keluarannya resmi berakhir pada 10 Oktober 2019.

(Baca: Siap Hengkang dari RI, Pemerintah Bakal Rayu Pepsi Demi Investasi?)

Minuman bersoda Pepsi pertama kali diproduksi pada 28 Agustus 1898 oleh ahli farmasi Caleb Bradham, dan resmi menjadi merek dagang pada 1903. Di Indonesia, Pepsi dan minuman ringan milik PepsiCo lainnya diproduksi di pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dan didistribusikan oleh PT. Indofood Asahi Sukses Beverage.

PT Indofood Asahi Sukses Beverage merupakan perusahaan patungan antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia. Perusahaan memproduksi Pepsi dan minuman ringan milik PepsiCo lainnya dalam kemasan 330 mL, 410 mL, 500 mL dan 1500 mL.

 

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan