Menko Ekonomi: Perbaikan Neraca Dagang Butuh Waktu hingga 3 Tahun

Rizky Alika
16 Desember 2019, 19:58
Neraca Dagang, Defisit Neraca Dagang, Impor Indonesia 2019
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross (kiri) usai melakukan pertemuan di kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan masalah defisit neraca dagang tidak bisa selesai dalam waktu cepat. Neraca dagang diprediksi masih akan mengalami defisit tahun depan.

Defisit neraca dagang terjadi seiring masih tingginya impor dan lemahnya ekspor. "Naikkan lifting kan tidak bisa instan, kurangi impor dan membangun pabrik juga memakan waktu. Semua ini makan waktu dua sampai tiga tahun." kata Airlangga di Hotel Mandarin, Jakarta, Senin (16/12).

Ia mengatakan, defisit neraca migas memiliki peranan besar dalam membentuk defisit neraca dagang. Maka itu, pemerintah terus berupaya memperbaiki neraca migas.

(Baca: Jokowi Perintahkan Ahok Sikat Mafia Migas untuk Tekan Defisit Dagang)

Menurut dia, defisit neraca migas dapat diperbaiki dengan menekan impor migas, seperti melalui penggunaan green avtur, restrukturisasi TPPI guna menekan impor petrochemical, dan implementasi biodiesel 100% atau B100. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu.

Di sisi lain, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan ekspor guna memperbaiki neraca dagang. Hal ini dilakukan dengan merevisi sejumlah kebijakan yang menghambat ekspor, serta menambah perjanjian dagang dengan berbagai mitra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...