Delapan dari 10 Orang di Indonesia Berencana Traveling pada 2020

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 Desember 2019, 17:45
Pegipegi Travel Insight
Katadata

Delapan dari 10 warga Indonesia merencanakan traveling tahun depan. Data tersebut diperoleh dari hasil survei yang dihelat Pegipegi, Online Travel Agent (OTA) yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta dalam satu platform. Travel survey  merupakan hasil kerja sama dengan lembaga survei internasional yaitu YouGov. Survei  dilakukan pada lebih dari 2.000 responden yang tersebar 506 kota di Indonesia, untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat Indonesia pada  2020 dan dihelat November 2019.

Dalam survei ini, Pegipegi menemukan tiga tipe preferensi traveling yang diminati oleh traveler Indonesia.  Yaitu, destinasi dengan pemandangan alam indah, destinasi dengan budget terjangkau, dan destinasi tempat wisata sejarah dan warisan budaya. Berdasarkan hasil survei Pegipegi, lebih dari 78 persen responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan indah dan 62 persen memilih berwisata ke destinasi dengan biaya terjangkau. Sedangkan yang  memilih berwisata budaya dan warisan sejarah sebanyak 51 persen.

Berikut detail hasil survei yang ditemukan dari tiga preferensi traveling:

Destinasi dengan Pemandangan Alam Indah

Destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden  perempuan. Kebanyakan  sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82 persen.

Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida, dan Labuan Bajo merupakan lima tempat wisata pemandangan alam yang paling diminati  responden. Responden menyebutkan tiga alasan utama mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah.  Sebanyak 78 persen ingin menikmati pemandangan alam, 77 persen ingin menghilangkan stress, dan 69 persen ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

Destinasi dengan Biaya Terjangkau

Terdapat  70 persen responden yanh menyukai destinasi dengan biaya terjangkau adalah  perempuan, dan 72 persen di antaranya berusia 35-44 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...