Grup APRIL Sumbang Rp 368,5 Triliun terhadap Perekonomian Nasional

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
20 Desember 2019, 23:06
Uka Wikarya, peneliti dari LPEM FEB UI bersama Sihol Aritonang, Direktur Utama RAPP.
dok. Grup APRIL
Uka Wikarya, peneliti dari LPEM FEB UI bersama Sihol Aritonang, Direktur Utama RAPP.

Sejak pabrik mulai memproduksi bubur kertas pada 1993, Grup APRIL (Asia Pacific Resources International Limited) membantu menggerakkan roda perekonomian dan memberikan sumbangan besar bagi pemasukan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.

Menurut riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), selama 20 tahun terakhir, Grup APRIL telah berkontribusi dalam pembentukan nilai tambah bruto atau PDB nasional sebesar Rp368,51 triliun. Dari jumlah itu, 93,68 persen atau Rp 345,68 triliun di antaranya muncul sebagai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Provinsi Riau.

Uka Wikarya, Kepala Grup Kajian Ekonomi Regional dan Kebijakan Sumber Daya Energi LPEM UI, mengatakan kegiatan usaha Grup APRIL menciptakan efek pengganda (multiplier effect) terhadap perekonomian Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Pelalawan. Dari setiap Rp 1 juta penjualan kertas Grup April mampu meningkatkan output atau penjualan seluruh sektor usaha di Kabupaten Pelalawan sebesar Rp 1,5 juta dan untuk Provinsi Riau senilai Rp 2,28 juta.

Efek pengganda dari Grup APRIL juga terjadi dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan. Untuk setiap pekerja di Grup APRIL, maka akan melahirkan kesempatan kerja bagi 4,75 orang di Pelalawan dan 7,86 orang di Provinsi Riau. Selama periode 1999-2018, Grup APRIL  diperkirakan berkontribusi dalam membuka kesempatan kerja nasional 89.646 per tahun, dimana 75,68 persen di antaranya muncul di Riau.

“Dapat diibaratkan, jika ada 1 perusahaan lagi yang menciptakan lapangan pekerjaan seperti Grup APRIL di Riau, maka hampir tak akan ada pengangguran di Riau,” kata Uka Wikarya di Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...