Terulang Lagi, 267 Juta Data Pengguna Facebook Bocor

Cindy Mutia Annur
20 Desember 2019, 13:52
267 Juta Data Pengguna Facebook Bocor
123RF.com
Ilustrasi facebook

Perusahaan riset teknologi, Comparitech menemukan 267 juta data pengguna Facebook yang bocor di internet. Data itu memuat nama, ID, dan nomor ponsel. Facebook juga pernah terlibat skandal kebocoran data oleh Cambridge Analityca.

"Kami sedang mencari (penyebab) masalah ini,” kata Juru Bicara Facebook kepada AFP dikutip dari The Telegraph, hari ini (20/12). Mereka memperkirakan, data pengguna itu bocor sebelum perusahaan membuat kebijakan baru yang lebih ketat.

Kebocoran data itu pertama kali ditemukan oleh Comparitech dan Peneliti Keamanan Bob Diachenko. Berdasarkan analisis keduanya, data yang bocor itu masuk indeks pada 4 Desember lalu.

Data itu diunggah di forum para peretas (hacker) pada 12 Desember. Dua hari setelahnya, Diachenko menemukan basis data yang bocor itu dan mengirim laporan penyalahgunaan ke penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP) yang mengelola alamat server IP.

(Baca: Facebook Kembangkan Aplikasi Khusus Karyawan untuk Kenali Wajah)

Kemarin, data yang bocor tersebut sudah tidak tersedia di internet. "Sebagian besar pengguna yang terpengaruh berasal dari Amerika Serikat. Semuanya (data pengguna) tampaknya valid," ujar Diachenko.

Ia menduga, data-data tersebut dimanfaatkan untuk aksi kejahatan melalui penipuan (pishing) atau spam melalui pesan singkat atau SMS. Secara rinci, data yang bocor mencapai 267.140.436.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...