Bertemu Edhy Prabowo, Menko Airlangga Dorong Budidaya Benih Lobster

Rizky Alika
21 Desember 2019, 05:05
Bertemu Edhy Prabowo, Menko Airlangga Dorong Budidaya Benih Lobster.
ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A
Pekerja memperlihatkan lobster budidaya siap kirim di Morotai, Maluku Utara, Selasa (8/10/2019). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong budidaya lobster sebelum diekspor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ikut menanggapi polemik ekspor benih lobster. Airlangga mengaku telah bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan meminta politisi Gerindra itu untuk mendorong budidaya lobster sebelum diekspor.

"Sama seperti udang, lobster yang kami dorong budidaya," kata Airlangga di kantor dia, Jakarta, Jumat (20/11).

Menurutnya, potensi hidup lobster yang telah dibudidaya lebih besar dibandingkan benih lobster yang hidup di alam.  (Baca: Ekspor Benih Lobster Diprotes, Menteri Edhy: Saya Tidak Akan Mundur)

Selain mengusulkan benih lobster untuk dibudidaya, dia juga meminta Edhy Prabowo menghitung dahulu usia lobster yang bisa diekspor maupun lobster yang harus dibudidaya di alam. 

Meski begitu, menurutnya KKP masih mengkaji terkait masalah budidaya dan usia lobster yang dapat dieskpor.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan tak akan mundur dalam rencana membuka keran ekspor benih lobster meski menuai protes. Untuk memuluskan langkahnya, Edhy menyiapkan beberapa aturan terkait ekspor benih lobster. Edhy menilai rencana membuka ekspor akan membantu kehidupan para nelayan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...