Angkasa Pura II Resmi Tambah 3 Bandara Pada Awal Januari 2020

Agatha Olivia Victoria
22 Desember 2019, 17:34
angkasa pura II, bandara,
Katadata
Ilustrasi bandara. Angkasa Pura II akan mengelola tiga bandara yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan mulai 1 Januari 2020.

PT Angkasa Pura II (AP II) mengungkapkan akan mengambil alih tiga bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai awal tahun depan.

Kemenhub melalui Unit Penyelenggara Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyerahkan tiga bandara tersebut melalui skema kerja sama pemanfaatan aset barang milik negara. Ketiga bandara ini telah memasuki proses transisi sejak Oktober 2019.

"Per 1 Januari 2020, Bandara Radin Inten (Lampung); Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Bandara H.A.S Hanandjoeddin (Bangka Belitung), resmi bergabung bersama kami," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (22/12).

Adapun saat ini, total bandara yang dikelola Angkasa Pura II berjumlah 16 bandara di seluruh Indonesia. "Sehingga tambah tiga bandara total keseluruhan menjadi 19 bandara yang kami kelola," ucap dia.

(Baca: Jumlah Penumpang Turun, AP II: Karena TIket Mahal dan Ada Jalan Tol)

Selain mengambil alih pengelolaan tiga bandara tersebut, Awaluddin menyatakan bahwa AP II juga akan berekspansi ke Malaysia dan Thailand. Di kedua negara tersebut, Angkasa Pura II rencananya akan menjadi operator.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...