Erick Thohir Sebut Rudiantara Kandidat Dirut PLN, Susi Tak Masuk Bursa

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Happy Fajrian

23/12/2019, 13.16 WIB

Menurut Erick nama Susi Pudjiastuti tidak masuk dalam proses seleksi Dirut PLN oleh Tim Penilai Akhir (TPA).

direktur utama pln, rudiantara, susi pudjiastuti, erick thohir
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Rudiantara masuk dalam bursa calon Direktur Utama PLN, namun Susi Pudjiastuti tidak.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan sudah menyiapkan tiga kandidat untuk mengisi posisi Direktur Utama PLN yang akan ditentukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12) sore.

Satu dari ketiga kandidat tersebut yakni mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Erick menyebutkan bahwa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak masuk dalam bursa kandidat Direktur Utama PLN.

"Nama Ibu Susi tak diikutkan dalam proses seleksi yang dilakukan oleh Tim Penilai Akhir (TPA)," kata Erick ketika ditemui di acara peluncuran program B30 di SPBU MT Haryono, di Jakarta, Senin (23/12).

TPA adalah tim yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai wakil ketua, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung bertindak sebagai sekretaris TPA.

(Baca: Erick Thohir Rombak Direksi PLN Hari Ini, Adakah Nama Rudiantara ?)

Tim ini juga memiliki anggota tetap, yakni Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara. Adapun menteri teknis atau menteri yang mengusulkan menjadi anggota tidak tetap TPA. 

Menurut Erick, Rudiantara merupakan orang dengan kapasitas dan kapabilitas yang cukup baik. Sehingga, tidak mungkin pemerintah tak merekrut sosok seperti Rudiantara untuk menjabat di BUMN.

“Masa orang bagus kedepak. Pastinya proses (seleksi) itu ada. Orang bagus pasti akan kami rekrut,” kata Erick. Meski begitu, Erick tak memastikan bahwa Rudiantara yang akan menempati jabatan nomor satu di BUMN listrik tersebut.

Sebelumnya, kabar penunjukkan Rudiantara sebagai bos PLN sudah santer beredar. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Rudiantara menjadi Direktur Utama PLN.

(Baca: Pastikan Rudiantara Jadi Bos PLN, Luhut: Di Kabinet Kerjanya Bagus)

"Selama di kabinet bagus. Saya kira Presiden sangat tepat menunjuk beliau," kata Luhut di Jakarta, Senin (9/12). Kabar tersebut juga dibenarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang menyebutkan saat ini prosesnya sudah berada di tangan Menteri BUMN Erick Thohir.

Adapun selain bakal memilih direktur utama, RUPSLB PLN yang rencananya digelar pukul 16.00 WIB sore ini juga akan memilih wakil direktur utama, direktur keuangan, komisaris utama, dan wakil komisaris utama yang baru.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan