Erick Thohir Rombak Direksi PLN Hari Ini, Adakah Nama Rudiantara ?

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Ekarina

23/12/2019, 07.10 WIB

Jajaran petinggi PLN yang akan diganti dalam RUPS nanti di antaranya yaitu Direktur Utama (Dirut), Direktur Keuangan (Dirkeu), dan Komisaris Utama (Komut).

Erick Thohir Rombak Direksi PLN Hari Ini, Ada Nama Rudiantara ?
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Erick Thohir memastikan perombakan jajaran direksi hingga komisaris PT PLN (Persero) dilangsungkan hari ini, Senin (23/12).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan perombakan jajaran direksi hingga komisaris PT PLN (Persero) dilangsungkan hari ini, Senin (23/12). Perubahan tersebut akan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar sore nanti. 

Jajaran petinggi PLN yang akan diganti di antaranya yaitu Direktur Utama (Dirut), Direktur Keuangan (Dirkeu), dan Komisaris Utama (Komut).

"Dirut, Dirkeu, Komut PLN besok akan ada pergantian. Di mana tentu besok ada RUPS jam 4 sore," kata Erick saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (22/12).

(Baca: Jurus Akhlak ala Erick Thohir Bersihkan BUMN)

Meski begitu, dirinya belum mau mengungkapkan siapa saja yang masuk dalam bursa pencalonan PLN. Ia pun enggan mengomentari kabar yang beredar mengenai mantan Menteri Komunukasi dan Informatika Rudiantara yang kerap disebut masuk dalam bursa pencalonan.

Dia menegaskan agar masyarakat bersabar menunggu hasil pengumuman. "Belum fix, PLN pokoknya ada tiga calon," ucap dia.

Kabar Rudiantara menjabat sebagai Direksi PLN sebelumnya juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Rudiantara menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero).

Luhut mengaku menyambut baik penjukkan itu lantaran rekam jejak Rudiantara saaat menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika 2014-2019 positif. Terlebih lagi Rudiantara juga pernah malang melintang berkarir di perusahaan listrik pelat merah tersebut dan sejumlah perusahaan. 

Berkat pengalaman itu, Luhut yakin mantan koleganya di kabinet ini bisa membawa PLN menjadi lebih baik. "Selama di kabinet bagus. Saya kira Presiden sangat tepat menunjuk beliau, " kata Luhut di Jakarta, Senin (9/12).

(Baca: Pastikan Rudiantara Jadi Bos PLN, Luhut: Di Kabinet Kerjanya Bagus)

Sebelum menjabat sebagai Menkominfo periode 2014-2019, Rudiantara pernah menduduki posisi Wakil Direktur Utama PLN pada 2008-2009. Dia juga pernah terlibat dalam pencarian pendanaan proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. 

Selain di PLN, Rudiantara juga dinilai telah banyak makan asam garam di dunia korporat dengan memulai karir di Indosat. Setelah satu dekade berkarir, ia pindah untuk menjadi Direktur di Telkomsel.

Dia juga pernah menjabat sebagai eksekutif di hampir semua operator telekomunikasi seperti XL hingga Telkom. Usai di dunia telekomunikasi, pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 ini masuk BUMN dengan menjadi menjabat CEO Bukitasam Transpacific Railways, CEO Transpacific Railways Infrastructure, dan Wakil Direktur Semen Gresik.

 

 

 

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan