Nadiem: Anak Indonesia Krisis Percaya Diri, Butuh Manajemen Talenta

Rizky Alika
23 Desember 2019, 18:35
Nadiem, anak krisis percaya diri, pendidikan
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Pemerintah berencana membentuk lembaga manajemen talenta nasional guna meningkatkan peringkat Sumber Daya Manusia (SDM) secara global. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menilai manajemen talenta nasional sebagai hal penting untuk menjadi inspirasi bagi generasi baru.

"Bagi saya hal yang terpenting adalah menonjolkan champion-champion untuk memberikan insipirasi bagi generasi berikutnya. Konsep membina dan empower manajamen talenta itu luar biasa penting," kata Nadiem di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (23/12).

(Baca juga: Istana Targetkan Lembaga Manajemen Talenta Terbentuk Tahun Depan)

Nadiem menyatakan anak-anak Indonesia mengalami krisis percaya diri yang membuat mereka tak percaya dapat mencapai hal-hal yang luar biasa. Padahal dia menilai banyak anak muda yang memiliki kemampuan dan menghasilkan prestasi. "Identifikasi yang baik bagaimana membina, mendukung, meningkatkan fisibilitas mereka sehingga tertarik ke atas untuk capai prestasi setinggi itu. Penting keyakninan bangsa untuk capai impiannya," kata dia.

Sementara itu Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan lembaga manajemen talenta diharapkan dapat meningkatkan peringkat indikator SDM Indonesia yang secara global tergolong rendah.

"Jadi bagaimana membangun kapasitas nasional semakin meningkat dengan baik karena kami lihat rangking Indonesia masih cukup jauh dari negara lain," kata Moeldoko.

(Baca juga: Bappenas: Kualitas SDM Indonesia Masih Ketinggalan Jauh dari Vietnam)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...