Jokowi Bakal Terbitkan Perpres Soal KPK

Dimas Jarot Bayu
26 Desember 2019, 16:27
Jokowi, KPK
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) usai upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Jokowi akan menerbitkan Peraturan Presiden terkait KPK dan Dewan Pengawas KPK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merancang Peraturan Presiden (Perpres) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Perpres tersebut akan mengatur mengenai susunan organisasi, tata kerja pimpinan, dan organ pelaksana pimpinan KPK.

Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengatakan Perpres itu sedang diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). "Saya sudah mengecek dan dalam proses," kata Fajdroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/12).

Namun, Fadjroel enggan menjelaskan lebih detail terkait Perpres KPK. Dia meminta agar publik bersabar hingga Perpres tersebut ditandatangani Jokowi dan dimasukkan ke dalam lembaran negara.

"Akan kita bisa baca lengkap setelah dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah," kata Fadjroel.

(Baca: Arahan Perdana Jokowi ke Pimpinan Baru KPK: Permudah Investor Masuk)

Selain itu, Jokowi akan menerbitkan Perpres mengenai Dewan Pengawas KPK. Perpres tersebut dibuat karena belum ada aturan turunan tentang kerja Dewan Pengawas dari Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD sebelumnya menyatakan sudah memberi paraf terhadap rancangan Perpres tentang Dewan Pengawas KPK. Dengan demikian, Perpres tersebut hanya tinggal menunggu tanda tangan dari Kepala Negara.

Jika Jokowi sudah menandatangani Perpres tersebut, maka Dewan Pengawas KPK bisa mulai bekerja. "Ya kalau Presiden sudah tanda tangani bisa," kata Mahfud di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Senin (23/12).

(Baca: Dewan Pengawas KPK Bakal Rancang Kode Etik Internal)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...