Tutup Pekan, Rupiah Makin Menguat ke 13.952 per Dolar AS

Agustiyanti
27 Desember 2019, 16:31
rupiah, nilai tukar, rupiah menguat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi. Rupiah diperkirakan akan terus menguat terhadap dolar AS hingga perdagangan tahun ini berakhir.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini, Jumat (27/12) menguat tipis 0,04% ke posisi Rp 13.953 per dolar AS. Rupiah diperkirakan akan terus menguat hingga menutup perdagangan tahun ini.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan, rupiah menguat seiring dengan indeks dolar AS yang melemah. Mengutip Bloomberg, dolar AS melemah 0,24% ke posisi 97,3.

"Dalam perdagangan minggu depan, rupiah kemungkinan masih akan menguat dan akan menjadi kado akhir tahun yang manis," ujar Ibrahim, Jumat (27/12).

Ibrahim menjelaskan, terdapat sejumlah sentimen eksternal yang mempengaruhi pergerakan rupiah. Pertama, optimisme perang dagang yang kembali meningkat setelah ada informasi terkait penandatanganan kesepakatan dagang tahap pertama antara AS dan Tiongkok.

 (Baca: Kucurkan Rp 218 Miliar ke Jiwasraya, BNI Klaim Status Kredit Lancar)

Kedua, pasar mata uang global yang tengah berada dalam suasana libur Natal. Aktivitas perdagangan secara keseluruhan pada hari ini relatif tenang. Ketiga, rencana pemerintah Tiongkok untuk memberikan stimulus lebih besar terhadap perekonomiannya.

Keempat, Bank Sentral AS yang kemungkinan akan kembali mengumumkan rencana penurunan bunga acuan pada awal tahun. Hal ini mengindikasikan ekonomi AS yang masih bermasalah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...