Dark Mode dan Deretan Fitur Baru WhatsApp 2020

Pingit Aria
30 Desember 2019, 17:49
WhatsApp
Katadata

Platform percakapan WhatsApp terus mengembangkan fitur baru. Selain untuk memanjakan penggunanya, beberapa fitur baru juga disiapkan untuk mengakomodir kepentingan pengiklan.

Beberapa kabar pengembangan WhatsApp yang belum dirilis hingga akhir tahun ini tampaknya baru akan dieksekusi pada 2020 mendatang. Apa saja fitur tersebut? Berikut ulasannya:

1. Mode Gelap atau Dark Mode

Fitur dark mode banyak diadaptasi oleh berbagai aplikasi dalam dua tahun terakhir. Beberapa aplikasi yang sudah menggunakan dark mode seperti Youtube, Instagram, Twitter umumnya mendapat sambutan hangat dari penggunanya.

Selain lebih nyaman pada mata, penggunaan tampilan gelap pada layar AMOLED juga akan menghemat konsumsi baterai. Fitur dark mode rencananya akan hadir untuk pembaruan WhatsApp versi 2.19.294, tahun depan. Perusahaan dikabarkan bakal menamainya Dark Theme.

Dark Theme pada WhatsApp tidak menggunakan warna hitam, tetapi biru gelap. Pengguna dapat mengaktifkan mode ini sesuai dengan preferensinya.

(Baca: Terulang Lagi, 267 Juta Data Pengguna Facebook Bocor)

2. Hapus Pesan Otomatis

Fitur ini kabarnya akan dinamai Delete Messages. Fungsinya mirip-mirip dengan Secret Chat di Telegram, yakni dapat menghapus pesan secara otomatis setelah beberapa waktu, bisa hitungan jam, hari, minggu, bulan, bahkan tahun.

Berbeda dengen Secret Chat, fitur Delete Messages hanya akan tersedia di grup WhatsApp, bukan ruang obrolan personal. Karena itu, fitur ini hanya bisa diaktifkan oleh admin grup.

3. Iklan di Status WhatsApp

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...