Perdagangan Terakhir Tahun Ini, IHSG Diprediksi Teruskan Kenaikan

Image title
30 Desember 2019, 06:50
IHSG, IHSG hari ini, rekomendasi saham, rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Karyawan memfoto layar pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (27/12) ditutup menguat 0,16 persen atau 9,87 poin ke level 6.329,31.

Beberapa analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang menguat pada perdagangan terakhir tahun ini, Senin, 30 Desember 2019. IHSG telah mengalami tren penguatan dalam sebulan belakangan. Sepanjang Desember, IHSG telah menguat 5,28% hingga ditutup pada level 6.329,31 pada Jumat, pekan lalu.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Nugroho Fitriyanto memprediksi IHSG masih akan melanjutkan penguatan. Namun, penguatan tersebut bakal terbatas karena IHSG sudah naik cukup tinggi sepanjang bulan ini.

"Penguatan ini diperkirakan masih akan didorong oleh sentimen window dressing, di mana IHSG berpotensi untuk menguji resistance kuat di 6.440," kata Nugroho dalam riset tertulisnya. Adapun area support untuk perdagangan hari ini diperkirakan berada pada rentang level antara 6.306 hingga 6.293.

(Baca: Sentimen Global Beragam, IHSG Diramal Naik hingga Tutup Tahun)

Rekomendasi saham dari Nugroho antara lain H.M. Sampoerna (HMSP), Adaro Energy (ADRO), dan Charoen Pokphand (CPIN).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama pun memprediksikan kenaikan IHSG. "Sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujar Nafan dalam riset tertulisnya.

Menurut dia, IHSG hari ini berpotensi untuk bergerak di area resistance dengan rentang antara 6.348 hingga 6.404. Sedangkan area support antara 6.283 hingga 6.239.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...