40 Perusahaan Masuk Daftar Calon Emiten, Incar Dana Total Rp 15 T

Image title
17 Desember 2019, 20:12
OJK, IPO, emiten baru
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Dua karyawan berbincang di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan terdapat 40 perusahaan yang masuk daftar calon emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui jalur penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO). Perusahaan tersebut mengincar dana segar dengan total Rp 15 triliun.

"Terdapat kurang lebih ada 40 emiten lagi yang ada di pipeline proses IPO milik kami," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (17/12).

Advertisement

Dengan target dana IPO yang sebesar Rp 15 triliun, maka artinya rata-rata perusahaan mengincar dana sebesar Rp 375 miliar. Nilai rata-rata tersebut lebih besar dibandingkan dengan rata-rata dana IPO yang dikantongi oleh perusahaan sepanjang tahun ini.

(Baca: Tak Mau Didepak dari Bursa, TPS Food Kebut Laporan Keuangan 2017-2018)

Tercatat, sejak awal tahun hingga hari ini, ada 52 perusahaan yang melakukan IPO dengan total perolehan dana Rp 13,4 triliun. Sehingga, rata-rata perusahaan mengantongi dana Rp 258,4 miliar.

Adapun IPO terbesar dicatatkan PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) yaitu Rp 4,76 triliun. Namun, dana yang diraup tersebut tidak masuk ke kantong perusahaan karena LIFE tidak menerbitkan saham baru, melainkan pemegang saham lamanya melepas kepemilikannya ke publik.

Perusahaan berikutnya yang mencatatkan nilai IPO terbesar yaitu PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP). Perusahaan produsen baja tersebut mencatatkan sahamnya di Bursa pada 19 September dan berhasil meraup dana senilai Rp 1,03 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement