Kementan Klaim Pasokan dan Harga Pangan Stabil Sepanjang 2019

Image title
31 Desember 2019, 18:51
Kementerian Pertanian, Pangan
ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
Ilustrasi, kegiatan jual beli di Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (1/10/2019). Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan pasokan dan harga pangan stabil tahun ini.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan pasokan dan harga pangan sepanjang tahun ini stabil. Meningkatnya kebutuhan pangan menjelang hari-hari besar keagamaan juga tidak menimbulkan gejolak.

Kementan mengklaim harga tetap stabil biarpun sempat terjadi kenaikan harga bawang merah dan telur. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan kenaikan harga bawang merah terjadi setelah harga komoditas tersebut jatuh hingga Rp 20 ribu per kilogram.

Kenaikan harga hingga Rp 32 ribu per kilogram pun masih sesuai acuan harga yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). Sedangkan kenaikkan harga telur ayam menjadi Rp 25 ribu per kilogram hanya terjadi di Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Ini lantaran distribusi terhambat karena cuaca buruk. 

Dengan begitu, Kementan mengklaim pasokan dan harga pangan sepanjang tahun ini stabil. "Sampai hari ini tidak ada gejolak pasokan maupun harga. Secara umum pasokan merata dari Sabang - Merauke," ujar Agung saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (31/12).

(Baca: Pemerintah Berencana Kembali Buka Keran Impor Daging Sapi Brasil 2020)

Menurut dia, stabilnya harga dan pasokan kebutuhan pangan sepanjang tahun ini merupakan hasil dari upaya pengendalian pasokan dan harga pangan oleh seluruh pemangku kepentingan. Kementan  pun berupaya untuk mempertahankannya pada tahun depan.

"Kami berharap di tahun depan akan lebih baik lagi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...