Kepercayaan Investor Institusi Turun Selama 2019 Akibat Ekonomi Global

Happy Fajrian
31 Desember 2019, 21:39
katadata investor confidence index, kepercayaan investor institusi,
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Layar pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Katadata mencatat kepercayaan investor institusi terhadap kondisi perekonomian dan pasar keuangan menurun di 2019 yang disebabkan gejolak ekonomi global.

Tahun 2019 penuh dengan tantangan bagi investor institusi dalam mengarungi perekonomian dan pasar keuangan. Hal ini terlihat dari tingkat kepercayaan investor institusi yang merosot berdasarkan hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI).

Menurut survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) tersebut, tingkat kepercayaan investor institusi terhadap kondisi perekonomian dan pasar keuangan sepanjang 2019 lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei KICI, gejolak ekonomi global serta kondisi geopolitik yang tidak stabil menjadi faktor utama yang menyebabkan merosotnya kepercayaan investor, terutama pada kuartal terakhir 2019.

Pada kuartal IV 2019, indeks kepercayaan investor berada pada level 127,7 turun dari level 139,1 pada tahun sebelumnya. Tingkat kepercayaan investor sempat melonjak level 149,6 pada kuartal I 2019, namun turun menjadi 146,8 pada kuartal II, dan 128,6 pada kuartal III.

(Baca: Investor Minta Tim Ekonomi Kabinet Baru Tuntaskan Pengangguran dan CAD)

Adapun angka indeks 101-200 menunjukkan kondisi investor yang optimistis terhadap kondisi ekonomi dan pasar keuangan, indeks 100 netral, sedangkan indeks 0-99 menunjukkan investor yang pesimistis.

Gejolak ekonomi global tersebut terutama disebabkan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang telah berlangsung lebih dari 17 bulan. Investor meyakini perang dagang akan berdampak buruk terhadap kondisi perekonomian nasional.

Selain itu perang dagang juga menyebabkan melambatnya pertumbuhan ekonomi global karena turunnya aktivitas ekonomi di AS dan Tiongkok, yang merupakan dua ekonomi terbesar di dunia, merembet ke sejumlah negara lainnya di dunia.

Sama halnya dengan isu geopolitik dari meningkatnya ketegangan antara AS dengan Iran dan Korea Utara, serta ketegangan antara Arab Saudi dan Iran. Iran diduga sebagai dalang di balik serangan pesawat tanpa awak (drone) terhadap kilang minyak milik Saudi Aramco pada Agustus 2019.

(Baca: Infografik: Investor Menilai Kinerja Pemerintah Menurun)

Investor meyakini kondisi geopolitik yang tidak stabil ini akan berdampak buruk terhadap perekonomian nasional karena akan mengganggu rantai pasok global.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...