Ketegangan Timur Tengah Kerek Harga Minyak Brent

Image title
31 Desember 2019, 09:55
harga minyak, brent, timur tengah
KATADATA
Kilang Minyak. Harga minyak mentah dunia jenis Brent menguat di akhir perdagangan tahun 2019. Penguatan dipicu oleh ketegangan yang terjadi di kawasan Timur Tengah beberapa hari lalu.

 Harga minyak mentah dunia jenis Brent menguat di akhir perdagangan tahun 2019. Penguatan dipicu oleh ketegangan yang terjadi di kawasan Timur Tengah beberapa hari lalu.

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak Brent naik 0,41% % ke level US$ 68,44 per barel. Sedangkan minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 0,11% di level US$ 61,61 per barel.

Amerika Serikat menggelar serangan udara pada hari Minggu (29/12) terhadap kelompok milisi Kataib Hezbollah. Sedangkan demonstran di Irak pada hari Sabtu (28/12) sempat menutup paksa ladang minyak Nassiriya meski operasi bisa dilanjutkan pada hari Senin (30/12).

(Baca: Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Makin Dekat, Harga Minyak Brent Naik )

Tak hanya itu, perusahaan minyak asal Libya yakni NOC sedang mempertimbangkan penutupan pelabuhan Zawiya di barat negara tersebut. Alasannya, karena adanya bom di wilayah itu membuat mereka harus mengevakuasi staf dari kilang.

“Tapi kami tetap melihat (harga) fundamental minyak berisiko alami penurunan,” kata Harry Tchilinguirian, ahli strategi minyak global di BNP Paribas seperti dikutip dari Reuters, Selasa (31/12).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...