ENI Lepas 20% Hak Partisipasi Blok East Sepinggan ke Neptune Energy

Image title
3 Januari 2020, 15:21
eni, blok east sepinggan, neptune energy, hak partisipasi
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas lepas pantai. ENI mengalihkan 20% hak partisipasinya di Blok East Sepinggan kepada Neptune Energy.

Perusahaan energi asal Italia, ENI melalui anak perusahaannya Eni East Sepinggan Limited, telah merampungkan pengalihan 20% hak partisipasi (perticipation interest) di Blok East Sepinggan ke anak perusahaan Neptune Energy Group Limited yakni Neptune Energy East Sepinggan BV.

"Sekarang tinggal menunggu approval dari Kementerian ESDM," ujar Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wisnu Prabawa di Jakarta, Jumat (03/01) saat dikonfirmasi Katadata.co.id mengenai hal tersebut.

Dengan begitu, kini ENI memegang hak partisipasi sebesar 65% dan akan terus menjadi operator di wilayah kerja Blok East Sepinggan, termasuk dalam pengembangan Lapangan Merakes dan penemuan Merakes East. Sedangkan PT Pertamina Hulu Energi East Sepinggan dan Neptune Energy East Sepinggan BV masing-masing 15% dan 20%.

(Baca: ENI Lepas Hak Partisipasi di Blok East Sepinggan dan Blok East Ganal)

Adapun proyek pengembangan Lapangan Merakes, di Blok East Sepinggan terdiri dari pengeboran dan konstruksi sumur bawah laut dengan sistem transportasi khusus di kedalaman air 1.500 m yang terhubung ke floating production unit (FPU) Jangkrik yang terletak 35 km di timur laut.

Produksi gas akan dikirim ke kilang LNG Bontang dengan menggunakan semua fasilitas lain yang ada di lapangan Jangkrik serta jaringan transportasi di Kalimantan Timur. Produksi baru ini juga akan berkontribusi pada perpanjangan umur pabrik.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...